Petani dan warga berburu hama tikus di areal persawahan.
Sumber :
  • Tim tvOne - Ian Sutriana

Kerap Merusak Tanaman Padi, Ratusan Petani Cilacap Berburu Hama Tikus

Senin, 21 Februari 2022 - 08:26 WIB

Cilacap, Jawa Tengah - Keresahan menghantui para petani di Desa Bojong, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, akibatan serangan hama tikus yang merusak tanaman padi milik mereka. 

Setiap musim tanam, hampir setiap tahun tanaman padi petani diserang hama tikus. Bukan hanya hama tikus, pesawahan milik warga ini kerap di serang hama wereng, hama walangsangit, dan hama keong. 

Mencegah meluasnya serangan hama tikus, sekitar tiga ratus lebih warga dan petani ramai-ramai melakukan pembasmian hama tikus di sawah milik mereka, Senin pagi (21/02/2022). Mereka membawa peralatan sederhana seperti kayu, gas elpiji 3 KG, bambu, belerang, dan Sekam. 

" Kita sangat resah setiap musim tanam, padi yang ditanam petani pasti diserang hama tikus " Ujar Aris Pudjiono salah satu petani.

Dari data yang dihimpun warga, ribuan hentar pesawahan milik warga kerap diserang hama tikus. Dengan pembasmian hama tikus secara bergotong royong, dalam waktu satu jam, warga bisa membasmi tikus hingga ribuan tikus. 

" Sejak jam 6 pagi kita sudah berada di Pesawahan, kita menggunakan alat sederhana seperti kayu, bambu, dan gas elpiji. Semoga dengan adanya gerakan pembasmi hama ini, bisa membantu petani agar tanaman padi mereka tidak rusak atau mati " Ucap Siman tokoh masyarakat setempat.

Sorak sorai petani pun terdengar jelas saat tikus berhasil ditangkap. Petani sangat berharap dengan adanya agenda kerja bakti pembasmian hama di pesawahan, bisa menghalau atau sedikit mengurangi hama tikus yang selama ini menjadi momok terhadap petani. (Ian Sutriana/Buz) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral