Hujan Es di Kabupaten Pekalongan.
Sumber :
  • Edi Mustofa

Fenomena Hujan Es di Kabupaten Pekalongan, Ini Penjelasan BMKG

Selasa, 22 Februari 2022 - 01:25 WIB

Pekalongan, Jawa Tengah - Fenomena alam hujan es tidak hanya terjadi di Desa Kandangserag, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, di waktu yang sama  juga terjadi di wilayah di Desa Bulakan, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah dan di beberapa wilayah daerah lainnya. 
 
Terkait fenomena kejadian tersebut, Prakirawan Stasiun Meteorologi Tegal Sri Nurlatifah menjelaskan, bahwa fenomena hujan es atau 'Hail' ini bisa terjadi pada saat periode musim hujan kali ini, Senin, (21/2/2022).
 
"Salah satu faktor yang menyebabkan hujan es adalah aktifnya monsun Asia yang memicu terbentuknya 'Low Pressure Trough' di Laut Jawa hingga Laut Arafuru," kata Sri Nurlatifah.
 
"Selain itu juga, karena adanya konveksi dari 'Madden Jullian Oscillation (MJO)' yang terjadi di sebagian besar wilayah Jawa semakin mendukung terbentuknya awan-awan konvektif di beberapa wilayah Jawa, termasuk wilayah Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Pekalongan," lanjutnya. 
 
Selain itu juga, adanya pemanasan yg kuat di beberapa wilayah Jawa Tengah termasuk wilayah Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Pekalongan yang memicu terjadinya 'penguapan yang besar' serta keadaan atmosfer yang labil, sehingga semakin memicu terbentuk adanya awan konvektif yang menjulang tinggi (deep convection) dan melewati freezing level, sehingga sebagian besar awan tersebut berupa es.
Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral