Puluhan umat Hindu di Jepara mengikuti upacara Melasti di Pantai Bandengan.
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Umat Hindu di Jepara Menggelar Upacara Melasti Secara Sederhana

Minggu, 27 Februari 2022 - 20:35 WIB

Jepara, Jawa Tengah - Menyambut perayaan hari Raya Nyepi tahun baru Saka ke 1944 umat Hindu di Jepara Jawa Tengah menggelar upacara Melasti di Pantai Bandengan Jepara Minggu Pagi (27/2/2022).

Prosesi Melasti diwarnai larung sesaji dan pengambilan air laut sebagai simbol penyucian dunia dan diri manusia. Upacara Melasti kali ini hanya diikuti puluhan umat hindu dengan menerapkan protokol kesehatan ketat menyusul adanya pembatasan kegiatan akibat pandemi Covid-19.

Sesaji yang larung ke laut berupa hasil bumi dan hewan ternak. Usai larung sesaji, umat Hindu mengambil air laut atau tirta suci kamandalu untuk keperluan penyucian diri, buana agung dan bhuana alit supaya dalam melaksanakan tapa brata pada malam nyepi nanti bisa mendapatkan keselamatan kebahagiaan dan anugerah dari Sang Hyang Widhi.

Saat upacara sembahyangan berlangsung, seluruh umat Hindu tampak khidmat menyanyikan kidung-kidung berlafal doa. Bagi umat Hindu, upacara Melasti merupakan proses penyucian diri secara lahir maupun batin dalam persiapan tapa brata malam Nyepi.

Melalui upacara melasti ini, umat Hindu berdoa dan berharap masa pandemi segera berakhir.

“Harapan dan doanya baik Umat Hindu sendiri maupun masyarakat secara keseluruhan mudah mudahan pandemi ini segera sirna sehingga kita bisa berkegiatan dengan sebebas-bebasnya. Jangan sampai seperti ini kegiatan umat Hindu ini terlalu dibatasi sehingga walaupun dibatasi semoga tidak ada kendala dan tidak mengurangi arti daripada melasti hari ini,” jelas Parsini, Ketua Parisada Hindu Dharma Jepara, Minggu (27/02/22)  

Upacara Melasti merupakan rangkaian dalam menyambut perayaan Nyepi sebelum upacara persembahyangan Mecaru.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral