Penilaian tengah semester di SMP Negeri 2 Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Inovasi PTS Berbasis Android di SMP Negeri 2 Ungaran, Hemat dan Efisien

Jumat, 4 Maret 2022 - 10:05 WIB

Semarang, Jawa Tengah - SMP Negeri 2 Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, menggelar penilaian tengah semester (PTS) secara tatap muka di tengah PPKM level 3. PTS di semester 2 kali ini, digelar dengan sistem baru yaitu tes berbasis android

Sistem PTS berbasis android ini dibuat untuk efisiensi anggaran serta sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan karena tidak ada kontak melalui pertukaran kertas dan alat tulis antara guru dan siswa. 

Kepala Sekolah SMP N 2 Ungaran, Kabupaten Semarang, Lilik Nurcholis mengatakan, penilaian tengah semester secara tatap muka di sekolah tetap mengutamakan protokol kesehatan yang ketat. Salah satunya dengan membagi kelas dengan 2 shift yaitu pagi dan siang. 

" Untuk PTS di semester 2, kami memiliki terobosan dengan menggelarnya secara online berbasis android namun para siswa tetap mengerjakannya disekolah atau PTM. Dengan sistem ini kami bisa menghemat anggaran hingga Rp20 juta yang bisa kami alihkan ke keperluan penerapan prokes, " jelas Lilik saat dijumpai di SMP N 2 Ungaran, Jumat (4/3/2022). 

Lilik juga menambahkan, para siswa yang tidak memiliki HP berbasis android atau HP tidak bisa untuk mengunduh soal melalui barcode yang dibagikan, diberikan fasilitas oleh pihak sekolah dengan menggunakan komputer. 

" Bagi para siswa yang mengalami kendala saat mengunduh soal kami sediakan fasilitasnya. Kami menyediakan 64 komputer yang siap digunakan, namun hingga hari jumat(4/3/2022) kurang dari 2 persen siswa yang HPnya tidak mendukung, "imbuh Lilik. 

Selain menghemat anggaran dan mengurangi kontak antar siswa dan guru PTS berbasis android juga memudahkan guru untuk melakukan koreksi hasil ujian. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral