Gerabah Mainan yang Muncul Setiap Bulan Sya'ban Jelang Tradisi Dugderan Ramadhan di Kota Semarang..
Sumber :
  • Tim tvone - Teguh Joko Sutrisno

Gerabah Mainan, Nostalgia yang Hadir Setiap Jelang Ramadhan di Semarang

Jumat, 4 Maret 2022 - 10:20 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Masa kecil akan selalu dikenang. Begitu juga dengan mainan anak-anak. Akan selalu menjadi bagian dari perjalanan hidup. Dan salah satu nostalgia itu, ada pada gerabah mainan.

Gerabah dengan bentuk dan warna cerah seperti magnet bagi anak-anak. Nyaris tak berubah sejak mainan gerabah ini populer di tahun 1970-an. Seperti kendi, mangkuk, tungku kecil, wajan hingga celengan untuk menyimpan uang.

Di Semarang, gerabah mainan seperti itu rutin muncul kembali setiap bulan Sya'ban atau bulan sebelum memasuki puasa Ramadhan seperti sekarang ini. Beberapa pedagang gerabah mainan mulai terlihat di jalan arteri dekat Masjid Agung, serta di sekitar Pasar Johar dan Masjid Kauman. Mereka bersiap menunggu dibukanya pekan dugderan yang merupakan tradisi menjelang masuknya bulan Ramadhan di Kota Semarang.

"Dulunya gerabah mainan banyak dijual di pasar tradisional. Tapi sekarang sudah banyak mainan pabrikan. Kita-kita ini cari cara lain agar bisa bertahan. Ya, dengan jualan di tempat-tempat yang ada acara rutin tiap tahun. Seperti Dugderan di Semarang, Sekatenan di Yogyakarta, acara Grebeg di Solo, atau pada setiap ada pasar malam di berbagai kota," kata Mahfud, pedagang gerabah keliling asal Demak yang berjualan keliling di Semarang.

Gerabah mainan, kata Mahfud, dibuat oleh para perajin di daerah Mayong, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Daerah tersebut memang secara turun-temurun menjadi pengolah kerajinan tanah liat. Kemudian para pedagang memborongnya, dan dijual keliling dengan membuat lapak di tepi jalan. 

"Cara jualan seperti ini cocok untuk bakul (pedagang) gerabah mainan. Karena hanya buka sesekali setiap tahun dan bergantian di setiap acara dan daerah. Karena acara seperti itu yang sering didatangi warga. Biasanya, orang tua cerita dan membeli untuk anak cucu mereka," jelasnya.

Dibanding dengan mainan pabrik dari plastik, gerabah ini punya kelebihan dan kekurangan. Dilihat dari seni tentu kerajinan tangan lebih menarik. Tapi karena terbuat dari tanah liat, maka gerabah lebih mudah pecah. Dibalik itu, justru juga bisa mengajarkan kepada anak untuk hati-hati merawatnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
06:24
02:32
03:00
05:18
00:58
Viral