Pemkab Semarang salurkan bantuan untuk warga terdampak banjir Sungai Gobag..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Banjir Sungai Gobag di Kabupaten Semarang Rusak Rumah Warga dan Jembatan

Jumat, 11 Maret 2022 - 18:06 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Banjir akibat luapan Sungai Gobag di dusun Pengkok, Desa Jlumpang, Kecamatan Bancak, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, yang terjadi pada kamis(10/3/2022) sore kemarin, menyebabkan 9 rumah warga rusak dan sejumlah hewan ternak unggas hilang. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, telah melakukan pengecekan di lokasi banjir dan mendapati sejumlah ruas jalan dan rumah warga tertutup oleh lumpur yang cukup tebal akibat luapan air dari sungai Gobag. 

PLT Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Semarang, Moh Maskuri mengatakan, banjir yang terjadi di Desa Jlumpang pada Kamis sore kemarin merupakan kejadian yang terus terulang. Untuk itu pihaknya bersama dengan pemerintah desa dan DPU telah melakukan pemetaan dan solusi agar banjir tidak terus terjadi. 

" Semalam kami sudah melakukan pengecekan dan memang lumpur cukup tebal, tapi itu sudah bisa dibersihkan gotong royong warga dan petugas, " ujarnya saat dihubungi pada Jumat (11/3/2022). 

Guna penanggulangan bencana banjir di Desa Jlumpang, BPBD bersama dengan DPU rencananya akan melakukan perbaikan sejumlah infrastruktur, utamanya perbaikan aliran sungai. 

" Kami tadi bersama pak Bupati dan DPU sudah cek ke lokasi. Faktor penyebab banjir dari informasi pihak desa, di sungai terjadi sedimentasi dan harus dibuat alternatif sebagai pembuangan air. Dan itu nanti yang akan mengeerjakan adalah DPU, " imbuhnya. 

Sementara itu di desa Plumutan, Kecamatan Bancak juga terjadi jalan amblas yang diakibatkan banjir yang terjadi kemarin. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral