egg roll daun kelor buatan Sri Wartini, warga Banjarnegara.
Sumber :
  • Tim tvOne - Ronaldo Bramantyo

Egg Roll dari Daun Kelor, Usaha Pangan Berbasis Kearifan Lokal

Minggu, 20 Maret 2022 - 15:59 WIB

Banjarnegara, Jawa Tengah – Selama ini, daun kelor hanya dimasak menjadi sayur pelengkap hidangan. Namun, di tangan seorang ibu dari Banjarnegara, Jawa Tengah, daun kelor ternyata bisa diolah menjadi bahan kue kering yang rasanya manis, enak, dan tentunya bergizi tinggi.

 Kue egg roll buatan Sri Watini, warga Desa Mertasari, Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara, Jawa Tengah sepintas memang tak berbeda dari kue egg roll pada umumnya. Namun, siapa sangka kue egg roll ini berbahan dasar pati (tepung) irut dan daun kelor yang sudah terkenal akan kandungan nutrisi dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

  “Selain pati (tepung) irut, bahan tambahan untuk membuat egg roll ini yaitu daun kelor. Pati irut bisa untuk mengobati asam lambung, daun kelornya untuk memperkuat imun tubuh,” ujar Sri Watini.

 Sebelum membuat kue egg roll ini, Sri Watini terlebih dahulu memetik daun kelor yang mudah dijumpai di sekitar rumahnya. Untuk mendapatkan kandungan nutrisi yang baik, ia memilih daun kelor muda.

  Selanjutnya, daun kelor muda dicuci bersih dan dikeringkan. Setelah mengering, daun kelor kemudian dihaluskan menggunaka blender dan langsung dicampurkan ke adonan pati irut yang sebelumnya sudah diberi bahan tambahan lain, seperti tepung mocaf, gula pasir halus, mentega, telur, dan lain-lain.

 Setelah tercampur merata, adonan egg roll dicetak menggunakan cetakan khusus dari besi pipih berbentuk persegi dan dimasak di atas kompor menggunakan api sedang.

 “Adonan egg roll dituangkan ke cetakan di atas api sedang kemudian ditekan hingga membentuk lembaran sesuai cetakan. Setelah itu, cetakan dibuka. Adonan yang sudah matang tadi kemudian digulung pakai bambu berbentuk sumpit,” jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:02
01:32
04:19
01:51
04:21
03:35
Viral