Warga mencuci karpet Musala di Bendungan Keramat, Batang, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Edi Mustofa

Tradisi Jelang Ramadhan, Warga Batang Bersih-Bersih Masjid dan Mushola

Selasa, 29 Maret 2022 - 21:17 WIB

BatangJawa Tengah - Menjelang bulan suci Ramadhan, sebagian besar warga melakukan tradisi bersih-bersih masjid dan musala. Tradisi itu dilakukan untuk memberikan kenyamanan saat beribadah dan biasanya dilakukan tiga hari atau satu minggu sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Seperti yang dilakukan warga Dukuh Sulur, Karangasem Utara, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Mereka bergotong-royong melakukan kegiatan bersih musala Roudlotusy Syakirin, ada yang membersihkan bagian depan, dalam hingga kebersihan di sekeliling musala.

Salah satu warga Dukuh Sulur, Kharisun mengatakan, ada juga yang mengecet ulang beberapa bagian bangunan musala.

“Setelah membersihkan musala, mereka biasanya langsung membawa gulungan-gulungan karpet dengan doplak yang akan dicuci di Bendungan Kramat,” katanya saat ditemui di Bendungan Kramat, Kabupaten Batang, Selasa (29/03/2022).

Setelah proses pencucian, karpet-karpet itu kemudian dijemur dengan digantungkan di tepi jembatan Bendungan Kramat.

“Cuci karpet di Sungai Kramat juga merupakan tradisi daerah yang rutin dilakukan setiap menjelang ramadan. Tradisi bersih-bersih musala dan cuci karpet di Bendungan Kramat sudah berlangsung sejak lama,” jelasnya.

Biasanya, lanjut dia, itu seminggu atau tiga hari sebelum bulan puasa, ramai di Bendungan Kramat para pengurus masjid dan musala melakukan cuci karpet lalu dijemur berjejeran di sini.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral