Kondisi rumah warga yang terendam banjir di Cilacap, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Ian Sutriana

Banjir Terjang Cilacap, Ratusan Rumah di Lima Desa Terendam

Kamis, 31 Maret 2022 - 21:53 WIB

CilacapJawa Tengah - Hujan deras yang terjadi di wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, sejak kamis (31/03/2022) siang hingga sore hari, mengakibatkan Sungai Cilumuh meluap. Luapan air sungai ini menggenangi ratusan rumah warga yang berada 5 Desa di dua Kecamatan. 

Untuk Kecamatan Majenang banjir terjadi di Desa Cilopadang, Padangsari, dan Padangjaya. Di Kecamatan Cimanggu, banjir di Desa Rejodadi, namun untuk jumlah rumah yang terdampak banjir ini, masih dalam penghitungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap. 

Ketinggian air banjir cukup bervariasi dari 30 cm hingga 1 meter, namun dalam waktu 6 jam air mulai surut. Warga korban banjir berhamburan keluar rumah untuk mencari tempat yang lebih aman, mereka takut air semakin tinggi. 

" Kondisi hujan sangat lebat, air sungai cilumuh meluap menggenangi rumah warga, serta infonya ada tanggul sungai yang jebol" Ujar Budi salah satu korban banjir.

Menurut BPBD Kabupaten Cilacap, bahwa banjir bandang kali ini, diakibatkan oleh hujan dengan intensitas tinggi di wilayah pegunungan, yang mengakibatkan luapan air sungai, dan adanya tanggul jebol di Sungai Cilumuh. 

" Air kini mulai, ada ratusan rumah di dua kecamatan yang terdampak, warga hingga saat ini masih bertahan di rumah masing-masing, untuk jumlah masih dalam pendataan " Tambah Wijonardi Kepala Pelaksana BPBD Cilacap saat di konfirmasi melalui sambungan telepon.

Warga yang terdampak banjir kini melakukan evakuasi barang-barang berharga seperti hasil panen, ternak, dan pakaian. Mereka berharap banjir ini adalah yang terahir terjadi di wilayah meraka. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral