Tim rukyatul hilal Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang melakukan persiapan pengamatan hilal di Planetarium UIN Walisongo, Jumat (1/4/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

UIN Walisongo Semarang Sore Ini Gelar Rukyatul Hilal di Empat Lokasi

Jumat, 1 April 2022 - 10:05 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Tim rukyatul hilal Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Jawa Tengah, hari ini menerjunkan tim pengamatan bulan untuk memastikan awal bulan Ramadan 1443 H.

Lokasi pengamatan hilal ada di empat titik lokasi yang berbeda di Jawa Tengah. Keempat titik tersebut adalah, Planetarium dan Observatorium UIN Walisongo Semarang, Menara Al Husna Masjid Agung Jawa Tengah, Pelabuhan Kendal dan Pantai Kartini Jepara.

Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarkat (LP2M) UIN Walisongo, M Rikza Chamami, lewat keterangan tertulis menyatakan, dipilihnya lokasi yang berbeda merupakan bagian dari ikhtiar bersama untuk memastikan tanggal 1 Ramadhan.

"Kegiatan untuk rukyatul hilal rutin dilakukan oleh UIN Walisongo Semarang menjelang puasa bulan Ramadhan. Hal yang sama juga dilakukan ntuk memastikan 1 Syawal, 1 Dzulhijjah dan 1 Muharram," jelas Rikza Chamami, Jum’at (1/4/2022).

Ia menambahkan, pada kegiatan rukyatul hilal 1 Ramadhan tersebut, UIN Walisongo Semarang berkerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Tengah, Kemenag Kendal, Lajnah Falakiyyah PCNU Jepara dan Tim Hisab Masjid Agung Jawa Tengah.

Tim rukyatul hilal dari UIN Walisongo, lanjutnya, terdiri dari dosen dibantu para mahasiswa S1 dan S2 Jurusan Ilmu Falak. Mereka akan diterjunkan untuk mengamati visibilitas hilal atau bulan sabit muda saat matahari terbenam, sebagai tanda pergantian bulan pada kalender Hijriah.

Sementara itu, Sekretaris Program Studi S2 Ilmu Falak UIN Walisongo, Ahmad Adib Rofiuddin mengatakan, untuk memastikan apakah Ramadhan akan dimulai Sabtu atau Minggu, dilakukan melalui hasil pengamatan bulan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:17
01:21
01:11
02:02
02:06
01:46
Viral