Tumpukan stok pisang bahan kolak di Pasar Bulu Kota Semarang, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Ramadhan Tiba, Pisang Kepok Bahan Kolak pun Naik Harga

Jumat, 1 April 2022 - 20:14 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Bulan Ramadhan di Indonesia memang penuh warna. Selain banyak tradisi dan ibadah, aneka kuliner pun menjadi buruan warga untuk berbuka. Diantaranya yang paling banyak dicari adalah kolak. Bahkan inilah makanan atau minuman khas Ramadhan yang banyak dijumpai di seluruh daerah di Indonesia terutama di Jawa.

Bahan utama kolak adalah pisang. Dan tak semua pisang cocok untuk dibuat kolak. Yang paling banyak adalah pisang kepok dan pisang raja nangka.

Maka tak heran jika dua komoditas tersebut laris manis sebelum hingga selama bulan Ramadhan. Alhasil harga pisang kepok dan pisang raja nangka pun melonjak.

Seperti terpantau di Pasar Bulu Kota Semarang, Jumat (1/4/2022). Puluhan kios pisang berjejer di sisi selatan pasar tersebut. Beda dengan biasanya, kali ini pisang kepok dan pisang raja nangka mendominasi stok yang ada. 

Menurut Mbah Juminah, pedagang pisang Pasar Bulu, stok pisang khusus untuk kolak sudah ia siapkan sejak seminggu sebelum Ramadhan. Pisang ia stok adalah yang belum matang benar sehingga begitu masuk Ramadhan sudah matang dan siap untuk diolah menjadi kolak.

"Paling banyak pisang kepok. Karena pisang ini selain cocok untuk kolak juga enak untuk dibuat pisang goreng. Saya ambilnya dari pengepul pisang di Bangetayu dan Kendal Mereka datang ke sini pakai mobil bak itu," cerita Mbah Juminah.

Ia menambahkan, setiap menjelang dan selama bulan puasa, dagangannya laris hingga lebih dua kali lipat dibanding hari biasa. Pisang kepok yang biasanya habis empat tandan, sekarang bisa delapan tandan. Satu tandannya berisi sepuluh hingga dua belas sisir.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:33
08:58
01:43
08:40
04:43
01:04
Viral