Umbul Senjoyo, Tegalwaton, Tengaran, Kabupaten Semarang dipadati warga yang melakukan padusan..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Tradisi Padusan, Warga Berbondong-Bondong Datangi Umbul Senjoyo

Sabtu, 2 April 2022 - 20:23 WIB

Kabupaten Semarang, Jawa Tengah - Setelah hampir 2 tahun ditutup karena pandemi, warga dari berbagai daerah di Kabupaten Semarang dan Salatiga memadati pemandian Umbul Senjoyo, Tegalwaton, Tengaran, Kabupaten Semarang, Sabtu 2 April 2022. 

Warga datang ke Umbul Senjoyo untuk melakukan tradisi padusan jelang Ramadhan. Kata padusan sendiri berasal dari Bahasa Jawa "adus" yang berarti mandi, Makna padusan sendiri adalah menyucikan diri serta membersihkan jiwa dan raga dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Dening, warga asal Pabelan, Kabupaten Semarang yang mengikuti tradisi ini mengatakan, ia datang ke Senjoyo khusus untuk sebelum berpuasa.

"Saya datang dari wilayah pinggiran Salatiga bersama teman, sengaja mau mandi di Senjoyo," ujar Dening. 

Suasana padusan kali ini juga menjadi obat rindu para pengunjung akan suasana jelang Ramadhan sebelum pandemic berlangsung.

“Sudah dua tahun tidak ada kegiatan padusan di sini. Jadi, saya datang ke sini untuk mengobati rasa kangen,” tambah Dening.

Sementara itu, Kepala Desa Tegalwaton, Tri Wuryanto mengungkapkan, pihaknya secara resmi tidak menyelenggarakan kegiatan padusan di Umbul Senjoyo.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:14
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
Viral