Suasana berbuka puasa di Warung Pecel Mapagan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Setiap Hari, Warung Pecel di Kab. Semarang Ini Gratis Untuk Berbuka Puasa

Kamis, 7 April 2022 - 16:28 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan kebaikan, berbagai cara dilakukan oleh umat muslim dalam berbuat baik kepada sesama.

Tak terkecuali bagi Wiwik, pemilik warung makan Pecel Mapagan yang berada di jalan Patimura Raya, Mapagan, Lerep, Kabupaten Semarang. Wiwik menggratiskan menu makanan di warungnya bagi warga yang berbuka puasa di warungnya.

Menu berbuka puasa gratis ini hanya berlaku bagi yang makan di tempat dan dimulai saat adzan Maghrib berkumandang. Kebaikan Wiwik ini disambut gembira oleh masyarakat sekitar, mahasiswa, hingga driver ojol yang berbuka puasa bersama di waring makan tersebut.

Beragam sajian disuguhkan disini, dan bebas ambil sesuai porsi yang diinginkan. Tentunya gratis jika dimakan di tempat dan tidak dibungkus untuk dibawa pulang.

" Untuk menunya ada sayur-sayuran seperti sop, bayem, gulai, cumi, belut, balado ikan, kering tempe, mie, sambel goreng, pecel juga lauk pauknya seperti tempe goreng, lele goreng, ayam goreng, ikan nila dan lainnya," terang Wiwik saat dijumpai di warungnya, Kamis (7/4/2022).

Untuk minumnya, pemilik rumah makan menyajikan es buah, es teh dan teh hangat.
Kegiatan berbagi kepada sesama di bulan Ramadhan ini sudah dilakukan Wiwik sejak 4 tahun lalu.

"Ini sudah 4 tahun berjalan, sejak awal usaha waktu Ramadhan memang sengaja kita berikan gratis bagi mereka yang berbuka puasa si warung, tapi kalau dibawa pulang ya bayar," ucapnya.

Bagi pelanggan yang membeli untuk di bawa pulang, Wiwik juga memberikan kelonggaran kepada pelanggan untuk bisa membungkus sesuai dengan porsi yang dibutuhkan.

" Ini khusus untuk dibawa pulang meski bayar namun bayarnya cukup setengah harga. Misal beli habis Rp10 ribu bayar Rp5 ribu, kalau ambil sendiripun tetap (bayar separuh) kalau khusus Ramadhan," terangnya.

Wiwik yakin dengan berbagi di bulan Ramadhan ini akan mendatangkan berkah melimpah baginya dan keluarga.

" Kegiatan ini tidak ada maksud lain dan hanya bentuk syukur kami untuk berbagi. Supaya berkah dan dimudahkan segala urusan," tuturnya.

Melalui kegiatan berbagi berkah selama Ramadhan ini, Wiwik meyakini tak akan rugi jika usahanya memberikan menu berbuka puasa gratis di bulan Ramadhan.

"Tidak rugi, Saya yakin pasti akan diganti oleh Allah. Dalam setahunkan ada 12 bulan, dan selama 11 bulan penuh sudah diberikan rezeki lebih oleh Allah. Maka di bulan Ramadhan ini saatnya kita bersedekah," tuturnya.

Sementara itu, Rezanda Akbar mahasiswa asal semarang yang ikut berbuka puasa bersama di warung Pecel Mapagan menyambut baik kegiatan ini.

" Awalnya saya hanya ingin berbuka puasa karena sedang dalam perjalanan. Namun tak menyangka jika warung ini menyajikan semua menu yang ada gratis bagi pelanggan yang berbuka puasa disini," ujarnya.

"Tentunya ini sangat baik dan membantu sejumlah masyarakat yang ingin berbuka puasa. Karena selain memiliki rasa yang enak, pemilik warung juga tak membatasi menu yang diberikan gratis ke pelanggan," tutup Reza. (Aditya Bayu/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral