Pengasuh Ponpes Al-Hasani Kebumen, Gus Fachrudin Achmad Nawawi saat mengisi kegiatan ngaji di alam terbuka..
Sumber :
  • Tim tvOne - Wahyu Kurniawan

Ngabuburit Ala Santri di Kebumen, Belajar Menghafal Kitab di Alam Terbuka

Kamis, 7 April 2022 - 16:36 WIB

Kebumen, Jawa Tengah - Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengisi waktu menjelang berbuka puasa. Seperti yang dilakukan para santri di Pondok Pesantren Al-Hasani di Desa Jatimulyo, Kecamatan Alian, Kebumen, Jawa Tengah.

Pemandangan menarik terlihat saat kegiatan belajar para santri, tepatnya di waktu selasai solat ashar dan menjelang waktu berbuka puasa. Puluhan santri berbondong-bondong membawa kitab ke area pekarangan yang letaknya berada di belakang pondok. 

Mereka tampak semangat dalam membaca maupun menghafal kitab kuning. Suasana terasa damai penuh hikmah. Ini merupakan bagian dari kegiatan positif para santri mengisi waktu di bulan ramadan.

"Itu salah satu metode belajar di pondok kami untuk menghindari kejenuhan para santri dalam belajar. Setiap hari selesai solat ashar kegiatan belajar kita pindah di alam terbuka. Ngabuburitnya santri pondok mas," jelas Pengasuh Ponpes Al-Hasani, Gus Fachrudin Achmad Nawawi, Rabu (6/4/2022).

Dengan didampingi pengasuh pondok kegiatan ini juga diisi dengan tadabbur alam. Tadabbur alam adalah kegiatan merenungi dan menghayati segala sesuatu yang ada di alam. Ini seperti yang ada di langit dan bumi.

Menurut Gus Fachrudin, tadabbur alam bertujuan untuk mengajarkan kepada para santri pentingnya mencintai alam. Menurutnya, mengaji di alam terbuka dapat membuat para santri lebih fokus dan mudah dalam proses belajar menghafal kitab.

"Mengaji di alam terbuka seperti ini menjadi kegiatan favorit para santri sembari menunggu waktu berbuka puasa," katanya.

Pemandangan indah berupa area hijau pekarangan dan bentangan sawah dengan suasana sore yang sejuk dan nyaman inilah yang dirasakan oleh para santri saat belajar membaca dan menghafal kitab.

"Belajar di alam selain santai rileks juga dapat menanamkan rasa cinta dan peduli pada lingkungan. Saya lebih menyukai mengisi waktu nunggu buka dengan cara seperti ini," jelas Etik Warohmah salah satu santriwati Ponpes Al-Hasani. (Wahyu Kurniawan/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral