Warga Antre Menukarkan Sampah dengan Koin Menu Takjil di Pasar Uwuh, Purworejo..
Sumber :
  • Tim tvOne - Edi Suryana

Ngabuburit Unik, Warga Tukar Sampah dengan Takjil

Sabtu, 9 April 2022 - 13:44 WIB

Purworejo, Jawa Tengah - Hal unik saat ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa para pemuda di Desa Trirejo, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah ini nampaknya patut dicontoh. Mereka mendirikan Pasar Uwuh di halaman balai desa setempat. Di pasar ini terdapat berbagai macam menu takjil. Namun, uniknya calon pembeli harus menukarkan sampah terlebih dahulu sebelum transaksi.

Sesuai dengan namanya, uwuh yang berarti sampah, membuat para pengunjung dapat berbelanja dengan cara menukarkan sampah yang dibawa dari rumah kemudian ditukarkan dengan koin yang telah di sediakan sebagai alat pengganti uang untuk transaksi jual beli menu takjil menjelang berbuka puasa.

Sampah yang dibawah dari rumah dari calon pembeli atau pengunjung ditimbang terlebih dahulu untuk kemudian ditukarkan dengan uang koin yang terbuat dari tutup botol.

uang koin tutup botol tersebut lah yang kemudian menjadi alat transaksi jual beli di Pasar Uwuh tersebut. Adapun nominal uang koin yang terbuat dari tutup botol tersebut yakni 1.000 rupiah, 2.000 rupiah, 3.000 rupiah, 5.000 rupiah dan 10.000 rupiah.

Jenis sampah yang dapat ditukarkan juga tidak sembarang sampah, yaitu jenis sampah yang dapat di daur ulang, seperti botol plastik, buku tulis, karton, kardus dan jenis sampah yang bisa didaur ulang lainnya.

Pasar Uwuh ini buka mulai pukul 16.00 WIB-18.00 WIB alias waktu berbuka puasa, pasar ini juga hanya buka selama bulan suci Ramadhan.

Di sini para pengunjung dimanjakan dengan aneka menu jajanan tradisional, dan juga pemandangan bukit Gunung Menoreh.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:44
07:21
02:04
11:21
03:10
08:04
Viral