Ridwan Kuda Pustaka Melayani Anak Meminjam Buku di Depan Rumahnya..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Asyiknya Ngabuburit Bermanfaat Bareng Kuda Pustaka di Lereng Slamet Purbalingga

Jumat, 15 April 2022 - 12:41 WIB

Purbalingga, Jawa Tengah - Seorang petani dan perawat kuda di lereng Gunung Slamet, Purbalingga, Jawa Tengah, memiliki cara unik untuk menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit, yakni menggunakan seekor kuda yang membawa buku untuk dipinjamkan secara gratis.

Kuda Pustaka ini berkeliling masjid dan mushala, untuk menemani anak-anak ngabuburit. Kuda sengaja digunakan sebagai alat untuk membawa buku, agar anak-anak tertarik membaca sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Adalah Ridwan Sururi (50) warga Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Ridwan yang penghobi koleksi buku, setiap sore sibuk menyiapkan buku-buku miliknya.

"Tiap menjelang berbuka puasa, saya selalu berkeliling dengan kuda ke masjid dan mushala tempat anak-anak mengaji," ujarnya.

Buku-buku yang dipilih, dibawa dengan pelana. Dia memodifikasi sendiri pelana menjadi semacam rak buku. Koleksi buku yang dibawa Ridwan khusus di bulan Ramadhan adalah yang bernuansa Islam.

Menempuh perjalanan sekitar tiga kilometer, Ridwan kadang ditemani dua anaknya. Meski cuaca di Lereng Slamet kerap hujan di sore hari, dia tetap semangat, karena teringat selalu ditunggu anak-anak di masjid.

Buku-buku koleksi pustaka kuda ini terbilang lengkap dan beragam. Mulai  kisah nabi, hikmah puasa, hingga cerita tentang pejuang islam. Setiap anak bebas memilih buku yang akan disewanya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral