Salah Satu Panorama Indah yang Bisa Dilihat di Sumowono, Bagian dari Jalur Alternatif Semarang-Wonosobo..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Mudik Asyik Semarang-Wonosobo Lewat "Jalur Belakang"

Selasa, 19 April 2022 - 11:26 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Perjalanan mudik akan menyenangkan jika kondisi jalannya tidak macet dan suasananya juga nyaman.

Nah, bagi Anda yang akan mudik dari Semarang menuju kampung halaman di Temanggung atau Wonosobo, ada jalur alternatif yang selama perjalanan menyajikan panorama alam yang sangat memukau. 

Yaitu jalur Semarang Wonosobo via Kaloran. Sebagian traveler yang hobi touring menyebutnya sebagai "jalur belakang", karena melewati sisi belakang gunung jika dilihat dari jalur utama.

Kelebihan jalur ini selain relatif longgar juga panoramanya indah dan banyak tempat mampir untuk melepas lelah sekaligus piknik tipis-tipis. Ada banyak tempat menarik yang dilalui, mulai dari air terjun hingga kebun teh.

Langsung saja nih, kita ulas rutenya. 

Dari Kota Semarang, ambil start aja dari pusat kota Simpang Lima. Arahkan kendaraan ke barat menuju UIN Walisongo. Lalu, belok ke kiri masuk jalur Ngaliyan-Boja. Setelah berkendara sekitar 30 menit, akan sampai tugu pertigaan Boja. Ambil kiri kalau Anda akan menuju ke Wonosobo via Sumowono. Nanti banyak petunjuk arah menuju Kaloran Temanggung, lalu ke Wonosobo via Ngadirejo. Ikuti jalan ini terus hingga melewati Jumprit, Tambi, hingga Wonosobo.

Salah satu pengendara yang ditemui tvOnenews.com saat istirahat di rest area antara Limbangan dan Sumowono menceritakan, jalur ini memang sudah lama menjadi favorit anak muda yang touring dengan sepeda motor. Selain itu, wisatawan dari Kendal dan Semarang juga banyak yang melewati jalur ini karena banyak tempat wisata yang bagus dan alami.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral