Ketua Eksekutif Lembaga Hukum Keraton Surakarta, KPH Eddy Wirabhumi..
Sumber :
  • Tim tvOne - Efendi Rois

Vakum 2 Tahun, Kasunanan Surakarta Akan Gelar Lagi Kirab Malam Selikuran

Selasa, 19 April 2022 - 22:12 WIB

Solo - Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta, akan menyelenggarakan kirab malam selikuran menyambut malam Lailatul Qodar. 

Kirab yang rencana akan digelar, Jumat malam (22/04/22) akan diikuti seribu peserta. Selain dari Solo Raya, peserta juga berasal dari sejumlah daerah seperti Ponorogo, Kediri, Tegal, Kebumen, dan daerah lainnya. 

Ketua Eksekutif Lembaga Hukum Keraton Surakarta, KPH Eddy Wirabhumi mengatakan,  kirab malam selikuran menyambut malam Lailatul Qodar merupakan tradisi keraton yang digelar dimalam 21 bulan Ramadhan. 

"Kirab malam selikuran tahun ini kembali digelar setelah dua tahun vakum, 2020 dan 2021, karena pandemi Covid 19 yang masih tinggi. Saat kembali digelar, antusias peserta yang ingin berpartisipasi cukup tinggi, " kata Eddy. 

Dalam kirab nanti, imbuh Eddy, peserta akan mengarak seribu tumpeng. Rombongan kirab berangkat dari Pagelaran, berjalan mengelilingi kampung Baluwarti, finish di Masjid Agung Surakarta. 

Selain mengarak seribu tumpeng, lanjut Eddy, peserta kirab juga akan membawa 500 obor, yang dinyalakan disepanjang jalannya kirab. 

"Meski pandemi sudah mereda, namun jalannya kirab nanti tetap dilangsungkan dengan prokes ketat, " jelas Eddie. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral