Arus Kendaraan Terpantau Merayap di Simpang Tiga Alas Roban, Selasa (19/4/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Alas Roban Rawan Macet sampai Kendal, Ini Skenario Dishub Jateng

Rabu, 20 April 2022 - 09:28 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Jalur pantura di Alas Roban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah dikenal sebagai jalur rawan macet. Musim arus mudik lebaran tahun ini, memang membuat kepadatan arus kendaraan di jalur Alas Roban diprediksi akan bertambah, setelah pemerintah menerapkan kebijakan one way dan sistem plat nomor ganjil genap di ruas tol dari Jakarta-Cikampek hingga GT Kalikangkung Semarang, baik saat arus mudik maupun arus balik.

Rekayasa lalu lintas pun rencanaya akan dilakukan untuk mengurai titik macet. Di antaranya mengalihkan arus kendaraan di tol dari arah yang berlawanan dengan one way, menuju ke jalur nasional pantura. Akibatnya, jalur non tol tersebut akan mendapatkan beban karena pengalihan arus kendaraan.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah, Henggar Budi Anggoro mengatakan, salah satu yang terdampak cukup serius dari pengalihan arus kendaraan tersebut adalah jalur Alas Roban terutama di titik Simpang Tiga.

"Iya, untuk Alas Roban awalnya ada di situ. Dari arah barat kendaraan akan mengambil jalur kanan. Otomatis kendaraan yang dari timur akan tersendat," kata Henggar di Semarang, Rabu (20/4/2022).

Ia mengungkapkan, pihaknya berkordinasi dengan pihak kepolisian akan melakukan rekayasa lalu lintas di titik tersebut. Antara lain dengan membagi jalur supaya tidak terjadi crossing Simpang Tiga Alas Roban.

"Maka strateginya saat arus mudik, jalan Alas Roban lama hanya diperuntukkan bagi kendaraan yang dari arah barat, bisa ke kanan dan bisa juga lurus. Sementara, dari arah timur akan dilewatkan ke jalur baru. Sehingga bisa menghindari crossing di simpang tiga. Kami akan koordinasikan ini dulu dengan kepolisian karena leader sektornya adalah kepolisian," jelasnya.

Ia menambahkan, rekayasa lalu lintas (lalin) tersebut penting, karena jika tidak dilakukan rekayasa lalin searah, maka dikawatirkan kemacetan akan sampai jembatan Kalikuto, Weleri, Kendal yang dari arah timur. Sedangkan, yang dari barat bisa macet hingga dua kilometer ke arah Batang. (Tjs/dan)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral