Gerbang tol Bawen diprediksi akan mengalami peningkatan volume kendaraan saat mudik lebaran..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Mudik Lebaran, Ini Skenario Rekayasa Lalin Atasi Kepadatan Exit Tol Bawen

Kamis, 21 April 2022 - 13:26 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Guna mengantisipasi lonjakan volume kendaraan yang melintas di exit tol Bawen, pengelola jalan tol dalam hal ini PT Trans Marga Jateng (TMJ) telah menyiapkan sejumlah skenario guna mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas akibat lonjakan volume arus mudik di titik exit tol Bawen, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Kawasan Bawen selama ini dikenal sebagai salah satu titik pertemuan arus kendaraan baik dari arah Semarang, Solo dan Yogyakarta, sehingga menjadi salah satu simpul kemacetan arus lalu lintas yang dapat berdampak pada kelancaran arus lalu lintas di ruas tol Semarang- Solo, khususnya yang keluar dari gerbang tol (GT) Bawen pada saat arus mudik Lebaran.

Direktur Utama PT Trans Marga Jateng (TMJ), Denny Chandra Irawan mengatakan, di ruas Semarang- Solo memang sering terjadi kepadatan dan kemacetan arus lalu lintas di lokasi exit tol Bawen.

Kondisi ini dipicu oleh kepadatan kendaraan akibat bertemunya arus lalu lintas di jalur arteri non tol atau jalan nasional Semarang- Solo dengan arus lalu lintas yang keluar dari GT Bawen.

“Selain itu juga dipicu oleh kepadatan arus lalu lintas di simpang Bawen dan keberadaan terminal bus tipe A yang hanya berjarak 800 meter dari simpang exit tol Bawen,” jelasnya, terkait Kesiapan Layanan Operasi Libur Panjang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Kamis (21/4/2022).

Ditambahkan oleh Denny, PT TMJ selaku pengelola jalan tol Semarang- Solo telah menyiapkan beberapa langkah antisipasi. Beberapa langkah antisipasi yang disiapkan terkait dengan pengaturan arus lalu lintas di interchange Bawen.

" Kami elah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait seperti Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Semarang dan Polres Semarang. Jika terjadi lonjakan arus lalu lintas dalam tol yang signifikan, nantinya akan diberlakukan arus lalu lintas prioritas. Di traffic light simpang exit tol Bawen bakal diprioritaskan untuk kendaraan yang akan menuju ke arah Semarang," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:12
04:20
01:08
12:16
01:50
01:16
Viral