Seribu orang melakukan kirab Malam Selikuran..
Sumber :
  • tim tvone - effendy rois

Sambut Malam Lailatul Qadar, Keraton Surakarta Gelar Kirab Malam Selikuran

Sabtu, 23 April 2022 - 15:29 WIB

Solo, Jawa Tengah - Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta menggelar kirab seribu tumpeng dan obor di Malam Selikuran atau malam 21 Ramadhan untuk memperingati Lailatul Qadar. Kirab berlangsung dari Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta menuju Masjid Agung yang berada di Kompleks Keraton Kasunanan Surakarta.

Kirab Malam Selikuran ini diikuti seribuan lebih peserta, mulai dari sentono dalem, prajurit keraton,dan abdi dalem dari berbagai kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang berjumlah seribu orang.

Kirab diawali dengan pasukan drum band dari keratin, kemudian diikuti oleh pembawa obor dan lampu serta prajurit keraton dan pembawa tumpeng yang berjumlah seribu buah.

Mereka berangkat dari Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta mengelilingi Kampung Baluwarti, kemudian berakhir di Masjid Agung Surakarta.

Sementara itu,tumpeng didoakan oleh sesepuh Masjid Agung lalu dibagikan kepada tamu yang hadir.

Menurut Ketua Lembaga Dewan Adat, GKR Koes Moertiyah Wandansari, kegiatan ini turun - temurun dilakukan oleh Keraton Kasunanan Surakarta sebagai kelanjutan dari kerajaan Mataram Islam.

“Semua kegiatan Keraton Mataram hingga Keraton Kasunanan Surakarta mengacu hari hari besar Islam, salah satunya Malam Selikuran ini. Semoga kita dipertemukan di malam Lailatul Qadar tahun depan,” ungkap Gusti Moertiyah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
10:31
01:01
30:44
21:02
02:21
04:56
Viral