Kendaraan merayap pelan di jalan tol Semarang ABC yang kembali macet akibat lanjutan arus balik, Senin (9/5/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Arus Balik Lebaran Masih Ramai, Jalan Tol Semarang Terpantau Padat

Senin, 9 Mei 2022 - 16:10 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Menteri Perhubungan mengungkap data bahwa ada sekitar 40 persen pemudik yang belum balik pasca libur lebaran Minggu kemarin. Pernyataan Menhub tersebut sepertinya mendekati benar. Sebab, pantauan di lapangan pada hari ini, Senin (9/5), arus balik lebaran terlihat masih sangat ramai.

Di ruas tol Semarang ABC bahkan terjadi lagi penumpukan arus kendaraan yang sangat padat. Kondisi ini hampir sama dengan saat puncak arus balik pada Jumat (6/5) lalu, yang mana penumpukan arus kendaraan terjadi akibat sibuknya rest 424 B.

Kemacetan sempat terurai saat diberlakukan one way di ruas tol ini pada hari Sabtu dan Minggu. Tapi begitu one way tak diterapkan lagi, ruas tol Semarang ABC kembali tersendat Senin ini.

Banyaknya pengendara yang keluar masuk rest area membuat arus lalu lintas tersendat. Penumpukan arus kendaraan pun terjadi dan memanjang, ekornya sampai di Jatingaleh yang berjarak 4 kilometer. 

Salah satu pengendara mengatakan, ia sengaja melakukan perjalanan balik pada hari Senin untuk menghindari macet.

"Maunya gitu ya. Kan Jumat Sabtu Minggu kemarin diprediksi puncak arus balik. Maka pilih Senin saja. Toh cuti juga masih panjang. Sebenarnya lancar sih tadi dari Boyolali, tapi agak macet di tol Semarang," kata Rudy, yang akan balik ke Tangerang.

Petugas kemabali melakukan rekayasa lalu lintas seperti sebelumnya di rest area 424 B. Ketika rest area penuh, pengendara diminta jalan terus. Jika rest area mulai lega, pengendara dipersilakan masuk lagi. (Tjs/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral