Petugas Dinpertan Purbalingga memeriksa kondisi sapi.
Sumber :
  • Tim tvOne/Sonik Jatmiko

Sembilan Sapi di Purbalingga Positif PMK, 14 Lainnya Terindikasi

Senin, 16 Mei 2022 - 21:41 WIB

Purbalingga, Jawa Tengah - Dinas Pertanian (Dinpertan) Kabupaten Purbalingga, Jateng, mengkonfirmasi sembilan ekor sapi positif terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Sementara, 14 lainnya dinyatakan terindikasi. Dugaan, sapi tertular dari kandang ternak di Kabupaten Banjarnegara.

"Betul ada sembilan ekor sapi di satu kandang Desa Karanggedang, Kecamatan Bukateja, dinyatakan positif terjangkit PMK. Setelah melihat hasil uji laboratorium Balai Besar Veteriner Wates Jogjakarta," kata Kepala Dinpertan Purbalingga, Mukodam, Senin (16/5/2022). 

Sapi diduga terjangkit virus dari daerah Banjarnegara. Lokasi kandang sapi yang positif terjangkit, berada di daerah perbatasan langsung dengan daerah yang lebih dulu terkonfirmasi PMK. 

"Kebetulan berbatasan langsung. Peternak juga mendatangkan pakan dari situ," bebernya.

Sejumlah langkah sudah diambil untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran penyakit PMK di Purbalingga. Selain pengobatan, pembatasan juga dilakukan. 

"Untuk yang terjangkit kami sudah memberikan vitamin. Selain itu, kualitas pakan, kebersihan kandang, dan langkah-langkah sterilisasi termasuk  pakan dari luar daerah," terangnya.

Di Desa Karanggedang, pihaknya juga menerima laporan 14 ekor terindikasi  PMK. Peternak mengungkap sapinya mengalami gejala PMK. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral