Wali Kota Salatiga Yuliyanto pamerkan sejumlah kuliner khas Salatiga ke Menparekraf Sandiaga Uno, Senin (16/5/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Menparekraf Ingin Bawa Kuliner Tumpang Koyor Khas Salatiga Dikenal Dunia

Selasa, 17 Mei 2022 - 13:55 WIB

Salatiga, Jawa Tengah - Kota Salatiga, Jawa Tengah, saat ini dikenal sebagai salah satu kota Gastronomi di Indonesia. Gastronomi merupakan ilmu yang membahas tentang kebiasaan makan yang baik (good eating habit) atau bisa juga dikaitkan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan kenikmatan makanan dan minuman.

Tak salah jika salatiga disebut sebagai kota Gastronomi karena saat kita ke Salatiga, kita bisa menjumpai aneka kuliner legendaris yang hanya bisa kita jumpai saat berkunjung ke Kota Salatiga.

Saat ini setidaknya ada 10 kuliner yang masuk ke jajaran kuliner legenda kota Salatiga yang wajib dicoba jika kita ke kota Salatiga. Beberapa diantaranya merupakan makanan khas Salatiga yaitu, Tumpang Koyor, Soto Esto, Bakso Babat Taman Sari, Gethuk, Dan Wedang Ronde.

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto pun memamerkan keunggulan sejumlah kuliner Salatiga ini ke Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke Kota Salatiga, Senin (16/5/2022).

Mendapatkan paparan dari Walikota Salatiga Sandiaga Uno berkomitmen mendukung pengembangan Kota Salatiga sebagai kota Gastronomi guna memperkuat daya tarik wisatawan sehingga dapat mendukung pengembangan ekonomi dengan terbukanya lapangan kerja di Salatiga. 

" Ada satu hal yang menarik disini, yaitu kuliner yang hanya ada di kota Salatiga. Sebut saja Tumpang Koyor. Kalau mau nikmatin tumpang koyor ya kita ke Salatiga. Nah karena sudah masuk makanan legenda, tumpang koyor ini akan saya bawa ke luar ( luar negeri ), agar makanan ini bisa mendunia," ujar Menparekraf, saat di Salatiga Senin(16/5/2022).

Sandiaga Uno menambahkan sudah melihat secara langsung kesiapan dari Kota Salatiga untuk menjadi destinasi Gastronomi. Karena, pada tahun 2021 lalu, Kota Salatiga sudah terpilih menjadi kota kreatif dengan sub Gatronomi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:47
02:23
01:31
03:15
01:19
06:20
Viral