Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengawali kegiatan olahraga, Rabu (18/5/2022) tanpa masker..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Awali Kegiatan Hari Ini Tanpa Masker

Rabu, 18 Mei 2022 - 13:01 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengawali kegiatan pada hari ini, Rabu (18/5/2022), dengan sudah melepas masker. Tapi kegiatan yang ia lakukan masih dalam kapasitas olahraga. Bersama beberapa orang ia berjalan kaki menyusuri perkampungan di Kota Semarang. 

Beda dengan sebelumnya yang meskipun olahraga biasanya ia tetap memakai masker, kali ini ia melepasnya. Meski begitu, beberapa orang yang mendampinginya berolahraga terlihat tetap mengenakan masker.

Ganjar Pranowo mengatakan, tidak apa-apa masyarakat tidak menggunakan masker saat di luar ruangan atau di tempat terbuka. Tapi ia menekankan, harus tetap dengan kesadaran memproteksi diri.

"Di ruang terbuka seperti nggak usah pakai masker bolehlah," kata Ganjar setelah olahraga.

Masyarakat, lanjutnya, harus melihat situasi dan kondisi di mana ia berada.  Misalkan saat beraktivitas di luar ruangan dan ada kerumunan atau jarak yang pendek tetap memakai masker.

"Kalau di kerumunan, di luar ruangan dan jaraknya terlalu pendek, saya menyarankan tetap pakai masker. Kalau kerumunan tidak banyak menurut saya tidak pakai masker tidak apa-apa," ungkapnya.

Ia kemudian menjelaskan bahwa situasi Covid-19 saat ini terus melandai. Di Jawa Tengah sendiri hampir semua daerah tidak ada penambahan kasus yang signifikan. Rumah sakit juga mulai tidak merawat pasien Covid-19.

"Dari pengalaman, kita sadar diri kapan kemudian kita harus memproteksi diri sehingga sekali lagi kalau di tempat terbuka seperti hari ini saya lari-lari maskernya tidak saya pakai. Terus kemudian yang kedua ketika kita agak tidak enak badan, segera kita pakai masker sehingga kita bisa memproteksi," jelasnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan kebijakan pelonggaran aturan pakai masker untuk aktivitas di luar ruangan, Selasa (17/5/2022) kemarin. (Tjs/Buz)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral