Petugas Dinas dan Kepolisian di Kandang Ternak..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Pantau Kasus PMK di Purbalingga, Dinpertan Sasar Peternakan Kambing dan Babi

Kamis, 19 Mei 2022 - 14:06 WIB

Purbalingga, Jawa Tengah - Dinas Pertanian (Dinpertan) Kabupaten Purbalingga, terus melakukan pemantauan hewan ternak selain sapi. Temuan sembilan ekor sapi positif PMK, membuat pihaknya waspada.

”Sementara ini, baru ada sembilan kasus PMK yang kami temukan. Yakni, di salah satu peternakan di Desa Karanggedang,” kata Kepala Dinpertan Kabupaten Purbalingga, Mukodam, kepada wartawan, Kamis (19/5/2022).

Peternakan kambing di sentra Kejobong, menjadi wilayah sasaran pemantauan. Kambing Kejobong merupakan primadona untuk usaha sate dan kuliner lainnya. 

Sementara itu, pemantauan juga dilakukan di peternakan babi yang ada di Kecamatan Kutasari. Pemantauan dilakukan oleh Polsek Kutasari, pada peternakan babi di Desa Karangjengkol.

“Selain peternakan sapi, pemantauan juga kami lakukan di peternakan babi yang ada di wilayah Desa Karangjengkol. Karena, selain sapi, PMK juga bisa menyerang ternak babi,” jelasnya.

Dijelaskan, dalam pemantauan di lokasi peternakan babi, juga dilakukan langkah pengambilan sampel darah. Kegiatan dilaksanakan oleh petugas dari Dinpertan. Dari 1.500 ekor babi yang ada di peternakan diambil sampel darah 100 ekor. 

“Pengambilan sampel darah dilakukan untuk mengecek kondisi hewan apakah terpapar PMK atau tidak. Hasilnya menunggu dari laboratorium,” katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral