Kondisi perahu nelayan di TPI Tegalkatilayu, Cilacap yang tidak bisa melaut..
Sumber :
  • Tim tvOne - Ian Sutriana

Akibat Banjir Rob, Ratusan Nelayan di Cilacap Gagal Melaut

Jumat, 20 Mei 2022 - 09:38 WIB

Cilacap, Jawa Tengah - Banjir rob yang kerap terjadi akibat luapan air laut, kini berdampak terhadap para nelayan di Tegalkatilayu, Kelurahan Tegalkamulyan, Cilacap Selatan, Cilacap, Jawa Tengah. Ratusan Nelayan kini gagal melaut karena tingginya banjir rob, Jum'at (20/05/2022). 

Gagalnya para nelayan melaut ini, karena perahu yang mereka pakai, tidak bisa melintasi jembatan yang berada perisis di depan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cilacap. Hal ini diakibatkan oleh debit air yang berada di sungai cukup besar, hingga akan mencapai bibir jembatan. 

Dari keterangan warga, bahwa hanya nelayan yang perahu berukuran kecil yang bisa melakukan aktivitas melaut. Untuk nelayan yang perahu berukuran besar tertahan di dekat jembatan. 

"Ada ratusan nelayan disini, ya sekitar 400 nelayan yang terdampak langsung oleh Banjir Rob ini. Mereka tidak bisa melaut karena debit air cukup tinggi hingga akan menyentuh bibir jembatan" Ujar Subardi, salah satu warga di sekitar TPI.

Bukan hanya berdampak pada nelayan, aktivitas pelelangan ikan yang kerap dilakukan di TPI Tagalkatilayu tidak bisa berjalan, selain nelayan yang tidak melaut, atau mencari ikan, TPI ini pun ikut terendam banjir rob, terutama bagian depan TPI. 

Warga yang berada disekitar sungai ini, sudah terbiasa dengan adanya banjir rob ini. Menurut mereka banjir rob ini sering terjadi pada setiap tahunnya pada musim panca roba, dengan durasi yang cukup lama, sekitar satu minggu atau tujuh hari. 

"Banjir rob ini sering terjadi jadi warga sudah tidak kaget lagi, banjir rob sering terjadi setiap tahun mas, pada musim Pancaroba" tambah Subardi. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:52
01:10
01:35
02:06
01:59
02:00
Viral