Situasi banjir rob di Randusanga Kulon, Brebes, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Otong Susilo

Banjir Rob Terjang Pesisir Utara Brebes, 800 Hektar Tambak Terendam

Senin, 23 Mei 2022 - 21:00 WIB

Brebes, Jawa Tengah - Banjir rob Senin (23/05/2022) petang ini merendam kawasan pesisir pantai utara Brebes Jawa Tengah, persisnya di Desa Randusangan Kulon dan Randusnga Wetan  Kecamatan/Kabupaten Brebes.

Banjir rob sudah terjadi sejak beberapa hari lalu namun pada petang hari ini kondisinya kian parah

" Sejak habis Ashar tadi luberan air masuk ke perkampungan dan menjelang magrib tadi makin tinggi " jelas Wahyu warga Desa Randusanga Kulon, Brebes.

Biasanya air tidak sampai menggenangi rumah warga yang tanahnya agak tinggi tapi rob saat ini hampir semua warga di Desa Randusanga Kulon tergenang, tambah Wahyu.

Kepala Desa Randusanga Kulon Afan Setiono kepada wartawan mengatakan bahwa banjir rob yang terjadi pada hari Senin ini adalah banjir rob paling parah .

Hasil pendataan sementara, lanjut dia, banjir rob menggenangi seluruh wilayah di desanya. Sekitar 1.000 KK terdampak banjir rob tersebut. Selain menggenangi rumah warga, sekitar 60 persen dari luasan tambak yang ada di desanya juga terendam rob.

"Kalau dihitung 800 hektare dari 1.300 hektare tambak di desa kami  terendam. Kerugiannya mencapai miliaran rupiah dengan estimasi tiap hektare Rp 5 juta. Ini karena tambak yang terendam sudah bisa dipastikan gagal panen, dan sebagian besar digunakan untuk budidaya bandeng," jelas Afan Setiono.

Afan menilai banjir rob kali ini lebih tinggi dibanding tahun lalu. Bahkan, ketinggian banjir rob di kawasan wisata Pantai Randusanga Indah sudah mencapai satu meter.

Untuk mengantisipasi kondisi yang lebih parah, pihaknya kini telah menyiapkan balai desa untuk tempat pengungsian warga. (Oso/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral