Warga Desa Banyutowo, Pati, kerja bakti memperbaiki tanggul pembatas pantai yang rusak, Jumat (27/5/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Pasca Diterjang Gelombang Tinggi, Warga Pesisir Pantura Pati Perbaiki Tanggul

Jumat, 27 Mei 2022 - 18:53 WIB

Pati, Jawa Tengah – Pasca diterjang gelombang tinggi dan banjir rob, Warga Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, kerja bakti memperbaiki tanggul pembatas pantai yang jebol, Jumat (27/5/2022).

Sebelumnya tanggul laut sepanjang 50 meter tersebut jebol setelah dihantam gelombang tinggi pada senin (23/5/2022) lalu.

Camat Dukuhseti, Imam Rifai, mengatakan perbaikan tanggul pembatas pantai secara darurat ini untuk menahan gelombang pasang sementara waktu, agar gelombang pasang tak merendam rumah warga yang berada di pinggir pantai.

“Untuk mencegah gelombang pasang masuk ke pemukiman, kami lakukan perbaikan tanggul laut yang rusak akibat dihantam gelombang tinggi hari senin kemarin. Perbaikan sementara tanggul menggunakan batu belah ini kami lakukan secara swadaya dengan penggalangan dana,” kata Imam Rifai.

“Dari penggalangan dana swadaya itu terkumpul sebanyak 13 dump truk batu belah. Batu belah itu bantuan dari pihak Kecamatan Dukuhseti, LAZISNU ranting Banyutowo dan kecamatan Dukuhseti, pihak desa dan seorang warga Banyutowo,” lanjutnya.

Ahmad Rifai menambahkan, perbaikan tanggul laut ini sifatnya sementara. Diperkirakan kebutuhan untuk menambal tanggul yang jebol akibat diterjang gelombang tinggi sekitar 50 truk batu belah.

“Perbaikan tanggul ini untuk sementara, untuk perbaikan secara permanen belum diketahui. Saat ini kami baru kordinasi dengan dinas terkait,” tambahnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral