Batik Motif Garuda Pancasila Karya Yuli Astuti Warga Kudus..
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Cantiknya Batik Garuda Pancasila Buatan Perajin di Kudus Ini, Tertarik Beli?

Rabu, 1 Juni 2022 - 11:33 WIB

Kudus, Jawa Tengah - Batik menjadi salah satu karya seni yang terus berkembang di tanah air. Setiap waktu bermunculan motif-motif baru di luar pakem yang sudah ada. Salah satunya motif burung Garuda Pancasila karya Yuli Astuti, perajin batik asal Kudus, Jawa Tengah. 

Garuda Pancasila sebagai lambang negara Indonesia menjadi inspirasi Yuli Astuti, untuk membuat batik bertemakan kebhinekaan, persatuan, dan semangat perjuangan.

Melalui motif Garuda Pancasila sebagai motif utama, Yuli ingin menuangkan semangat cinta tanah air sekaligus melestarikan budaya.

“Keragaman Nusantara tertuang dalam batik, karena batik di Indonesia sudah diakui UNESCO dan sebagai wujud kita dalam melestarikan budaya dan cinta tanah air maka dibuatlah batik Nusantara dengan motif Garuda Pancasila,” ungkap Yuli, saat ditemui di Galeri Muria Batik miliknya.

Di galeri Muria Batik di Desa Karangmalang, Kecamatan Gebog, Kudus ini batik Garuda Pancasila dibuat. Sesuai namanya, terdapat lambang Garuda Pancasila lengkap dengan simbol-simbol yang menyertainya, yakni perisai bintang, tali rantai, pohon beringin, kepala banteng serta padi dan kapas.

Selain itu, ada pula gambar Indonesia dari Sumatra hingga Papua. Untuk bagian bawah, tergambar tangan mengepal dengan bendera Merah Putih yang menggambarkan semangat bangsa Indonesia.

Yuli mengatakan proses pembuatan batik Garuda Pancasila ini cukup lama yakni sekitar 4 bulan. Ini karena metode yang digunakan adalah teknik tulis, di mana motifnya dibuat dengan menulis menggunakan canting pada kain yang sudah digambar pola menggunakan tangan. Canting yang berisi malam atau lilin panas digunakan untuk menebalkan gambar pola batik. Karena itu pula, Yuli membatasi jumlah produksi batik motif Garuda Pancasila ini. Bagi yang berminat bisa memesan menggunakan sistem pre order.

“Yang sekarang tidak dijual karena untuk sampel dan biasanya untuk edukasi atau contoh jika ada pelatihan. Bagi yang ingin memesan, bisa dengan cara pre order dulu,” jelas Yuli.

Adapun harga yang dipatok untuk selembar kain batik motif Garuda Pancasila kisaran Rp 1 juta hingga Rp 4 juta dengan ukuran 2,7x1,5 meter. Bagaimana, Anda tertarik untuk memiliki batik motif Garuda Pancasila ini? (gml/dan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral