Belasan tiang listrik yang berdiri di badan jalan Tanggulsari, Mangunharjo, Kota Semarang..
Sumber :
  • Tim tvOne - Didiet Cordiaz

Belasan Tiang Listrik di Semarang Berdiri di Badan Jalan, Bahayakan Pengendara

Kamis, 2 Juni 2022 - 14:14 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Belasan tiang listrik berdiri di badan jalan Tanggulsari, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu Kota Semarang, Jawa Tengah atau Jalan yang menuju ke Wisata Pantai Mangunharjo.

Dalam pantauan di lokasi, ada 14 tiang listrik yang memang tertancap di badan jalan sepanjang sekitar 500 meter dengan lebar berkisar 5 meter itu, dimana 7 diantaranya berada di tengah-tengah jalur yang menuju ke bekas Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Mangkang tersebut.

Warga Mangunharjo, Kecamatan Tugu Semarang, Nur Aziz menyebut berdirinya tiang listrik itu bisa saja membahayakan pengguna jalan khususnya pengguna sepeda motor yang sering keluar masuk di wilayah tersebut. 

Meskipun belum ada insiden atau kecelakaan akibat berdirinya tiang tersebut, namun pria berusia 28 itu berharap tiang listrik bisa dipindahkan.

"Mengganggu (pengguna jalan), terutama saat malam. Jaga-jaga jika lampunya tidak menyala nanti bisa saja membahayakan orang," ujarnya saat ditemui di lokasi Kamis (2/6/2022).

"Belum pernah ada kecelakaan. Soalnya disini kalau lewat pada pelan-pelan kayak sambil liat pemandangan laut," tambahnya.

Ia menjelaskan, berdirinya belasan tiang listrik itu karena adanya pelebaran jalan dan perbaikan jalan rusak. Dari dulu tiang listrik itu memang sudah ada sebelum jalan Tanggulsari direnovasi.

"Dulu itu jalan ini (Tanggulsari) sempit sekitar satu mobil. Terus apa mungkin pas dibangun dan dilebarkan sekitar tahun 2020 tiang listriknya jadi berada di tengah-tengah jalan," jelasnya.

Sementara itu, Kusnanto seorang nelayan asal Mangunharjo menyebut ada beberapa tiang listrik yang berdiri di tengah-tengah jalan. Hal itu pula juga bisa mengakibatkan insiden pengguna jalan yang tertabrak tiang listrik.

"Ada sekitar 4 tiang listrik yang sangat mengganggu hingga orang bisa tertabrak tiang jika lalai. Saya minta tolong kalau bisa untuk segera dipindahkan," paparnya.

Disisi lain, berdirinya tiang listrik dan Penerangan Jalanan Umum (PJU) itu juga membantu dirinya dalam penerangan saat memperbaiki kapanya atau ketika persiapan hendak melaut pada malam hari.

"Kalau dulu disini gelap sekarang sudah ada lampu jadi terbantu tidak perlu menyalakan cahaya sendiri. Tapi tetap saja dipindah tiangnya karena membahayakan," bebernya.

Terpisah, Camat Tugu, Kusnandir mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) bersama Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang untuk meminta PT.PLN memindah tiang tersebut. Namun, ia menyebut pemindahan tiang itu belum bisa dilakukan lantaran menunggu anggaran.

"Kita bersama DPU dan Perkim sudah koordinasi dengan PLN tinggal nunggu anggaran saja," ucapnya.

Ia mengakui ada 14 tiang listrik yang berdiri di jalan tersebut. Belasan tiang listrik itu, lanjut dia, dari segi positifnya bisa membantu pemancing ketika lalu lalang dari tambak ke laut tidak adanya pemotor yang ngebut.

"Disitu banyak pemancing dan banyak orang pindah dari kiri ke kanan. Bisa jagani (jaga-jaga) juga kalau ada anak muda yang ngebut-ngebut. Namun dari segi estetika kita sudah koordinasikan dengan DPU dan Perkim ya untuk segera dipindah," imbuhnya.

"Mohon masyarakat untuk bersabar karena sudah dibicarakan DPU dan Perkim ke PLN," tutupnya. (Dcz/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral