Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah (dok PT TWC)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetyo

PT TWC Jelaskan Alasan Naiknya Harga Tiket Candi Borobudur Jadi Rp 750 Ribu

Senin, 6 Juni 2022 - 10:52 WIB

Sleman, DIY - PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko angkat bicara soal naiknya harga tiket masuk ke bangunan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Naiknya harga tiket menjadi Rp 750 ribu dilakukan dengan alasan untuk kepentingan konservasi.

"Hal ini diputuskan untuk menjaga dan melestarikan bangunan Candi Borobudur yang mulai terdampak karena adanya kunjungan wisatawan dalam jumlah banyak di masa sebelum pandemi. Jadi landasannya adalah kepentingan konservasi," kata Dirut PT TWC Edy Setijono dalam siaran pers yang diterima, Senin (6/6/2022).

Dijelaskan Edy, dari hasil monitoring yang dilakukan Balai Konservasi Borobudur, telah ditemukan sejumlah kerusakan pada bangunan candi. Di antaranya keausan batu dan kerusakan beberapa bagian relief.

"Pembebanan pengunjung (over capacity) yang berlebihan juga dikhawatirkan akan berdampak pada kelestarian Candi Borobudur, termasuk penurunan kontur tanah Candi Borobudur," ungkapnya.

Berdasarkan hal itu, akhirnya ditetapkan adanya kuota bagi wisatawan yang bisa naik ke bangunan Candi Borobudur sejumlah 1.200 orang per hari. Jumlah tersebut setara dengan 10-15% persen rata-rata per hari jumlah wisatawan ke Candi Borobudur sebelum masa pandemi.

Akibat dari pembatasan kuota tersebut, akhirnya diputuskan terkait kebijakan harga khusus. Yakni untuk wisatawan nusantara sebesar Rp.750 ribu, wisatawan mancanegara $100, dan untuk pelajar kategori grup Study Tour sekolah dan bukan individual adalah Rp.5.000.

"Kebijakan tiket khusus ini hanya untuk wisatawan yang berkeinginan untuk naik bangunan Candi Borobudur. Kebijakan kuota dengan tiket khusus ini akan diterapkan melalui sistem reservasi online," terang Edy.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral