Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • Humas Jawa Tengah

Waspadai Kenaikan Kasus Covid-19 Akibat Omicron BA.4 dan BA.5, Ganjar Pranowo: Pakai Masker dan Jaga Gaya Hidup Bersih Sehat

Senin, 20 Juni 2022 - 17:21 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Angka kasus Covid-19 di Indonesia saat ini kembali mengalami kenaikan. Kenaikan kasus Covid-19 tersebut diduga akibat subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan sampai saat ini tren kenaikan kasus Covid-19 terus dipantau. Di Jawa Tengah, Ganjar menyebut ada kenaikan kasus tetapi masih relatif terkendali. Ia pun telah menyampaikan kepada kepala daerah di kabupaten kota untuk waspada.

"Kita sampaikan terus kepada yang lain, sampai hari ini ada beberapa kabupaten kota yang terlihat naik," kata Ganjar di sela acara bersama siswa Taruna Nusantara, di Gradhika Bhakti Praja Semarang, Senin (20/6/2022).

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan tren kenaikan kasus ini akan diikuti pengetatan dan diberlakukannya PPKM level. Masyarakat diminta untuk meningkatkan kedisiplinan protokol kesehatan. 

"Kalau kemudian trennya ini terus saja naik, maka pasti akan ada pengetatan lagi, ppkm-nya pasti akan dilakukan. Penggunaan masker penting terutama di tempat keramaian. Tolong langsung maskernya dipakai kalau di keramaian sadar diri pakai. Terus kemudian gaya hidup bersih sehatnya dijaga," tegasnya.

Sementara itu, berdasarkan data Pemprov Jateng hingga Minggu (19/6/2022), terdapat 188 pasien Covid-19 dalam perawatan. 

"Insyaallah kalau itu dilakukan sih aman lah, angka ada kenaikan kecil, masih kenaikan kecil," ungkapnya. (tjs/ebs)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
02:37
01:03
01:46
07:04
05:04
Viral