Pengecekan kesehatan hewan kurban oleh Dinas Pertanian Cilacap, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Ian Sutriana

Jelang Idul Adha, Petugas Tes Kesehatan Ribuan Hewan Kurban di Cilacap

Rabu, 22 Juni 2022 - 11:30 WIB

Cilacap, Jawa Tengah - Petugas Dinas Pertanian melakukan tes kesehatan terhadap hewan kurban di Dayeuhluhur, Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (22/06/2022). Pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban ini guna mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) menjelang hari raya Idul Adha

Petugas dari Dinas Pertanian menerjunkan sedikitnya 6 Dokter Hewan untuk terus melakukan tes kesehatan terhadap hewan kurban sapi dan kambing. Ada sekitar seribu lebih hewan kurban yang telah dites kesehatan oleh petugas di beberapa Kecamatan, seperti Kecamatan Dayeuhluhur, Wanareja, Kroya, dan Kecamatan lainnya di Kabupaten Cilacap. 

Dalam pelaksanaan pemeriksaan kesehatan ini, petugas secara berkala mendatangi satu persatu kandang hewan ternak, dengan membawa sejumlah obat-obatan yang disiapkan jika ditemukan adanya hewan kurban yang terinfeksi penyakit mulut dan kuku. 

"Kita melakukan upaya meminimalisir adanya penyakit mulut dan kuku di Cilacap, terutama menjelang hari raya Idul Adha" Jelas Kepala Dinas Pertanian Ir Susilan.

Selain melakukan tes kesehatan, petugas dari Dinas Pertanian juga melakukan pemberian obat terhadap beberapa hewan kurban sapi yang mengalami infeksi dibagian kaki. 

Hingga saat ini, upaya yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Cilacap dalam mencegah PMK, adalah menutup akses masuk Hewan ternak Sapi dan Kambing terutama dari wilayah Kota/Kabupaten yang ada di Jawa Timur. 

Para peternak dihimbau agar tidak menerima terlebih dahulu hewan yang masuk ke wilayah Kabupaten Cilacap dari Kota/Kabupaten lain, guna mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:04
01:41
01:18
01:54
01:26
01:52
Viral