Polres Jepara menggelar lomba tongtek dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-76..
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

20 Tim Unjuk Kebolehan di Lomba Tongtek Tradisional dan Modern

Minggu, 26 Juni 2022 - 12:15 WIB

Jepara, Jawa Tengah – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-76, Polres Jepara menggelar Lomba Tongtek Tradisional dan Modern sebagai salah satu upaya melestarikan musik tradisional.

Acara yang digelar di halaman Mapolres Jepara tersebut dibuka secara langsung oleh Kapolres Jepara, AKBP Warsono, S.H., S.I.K., M.H., dan diikuti oleh 20 tim dari perwakilan polsek jajaran Polres Jepara.

“Pada rangkaian Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022 ini, kami memang mengadakan beberapa perlombaan, antara lain lomba tongtek yang berbasis kearifan lokal daerah, musik tradisional maupun modern di wilayah Kabupaten Jepara,” kata Kapolres Jepara.

 .Diketahui, tongtek sendiri merupakan musik tradisional yang menggunakan kentongan dan biasanya digunakan untuk mengiringi acara-acara desa ataupun membangunkan sahur saat bulan Ramadhan.

Lomba Tongtek Tradisional dan Modern ini baru pertama kali digelar. Pihak Polres Jepara sendiri menunggu respon dari masyarakat akan kegiatan ini.

"Jika mendapatkan respon positif, maka tentunya akan menjadi agenda rutin setiap tahun, sekaligus untuk mendorong masyarakat kembali menghidupkan musik tradisional tersebut," pungkas Kapolres. (gml/ard)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral