Ganjar Pranowo saat rapat daring terkait PMK dengan Menko Marinves.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Minta Penanganan dan Karantina Wabah PMK Berbasis Zona Bukan Wilayah Pemerintahan

Selasa, 28 Juni 2022 - 05:59 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan dalam penanganan atau karantina penyakit mulut dan kuku atau wabah PMK lebih baik berbasis zona bukan wilayah pemerintahan. Hal itu untuk mengantisipasi pergerakan hewan ternak dan elemen lain pembawa virus di sekitar wilayah terdekat.

"Meski ada yang usul basis desa atau kecamatan, tapi kalau berbasis zona bisa tidak restriktif atau terbatas hanya di wilayah satu pemerintahan," jelasnya setelah rapat koordinasi secara daring bersama Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan terkait penanganan PMK, Senin (27/6/2022).

"Kadang-kadang kan sapinya juga piknik-piknik, kambingnya piknik-piknik, dan ini tidak hanya sapi saja, ada kerbau, ada babi, ada kambing ya, jadi  hewan yang kuku belah," ungkapnya.
 

Ia mencontohkan, beberapa kasus yang ditracing ditemukan indikasi bahwa hewan ternak di satu lokasi tidak pernah keluar kandang tetapi tetap terinfeksi wabah PMK. Kuat dugaan penularan terjadi karena ada hewan ternak lain seperti kambing yang berkeliaran di sekitar kandang. Maka dari itu diperlukan karantina untuk hewan ternak kuku belah seperti sapi, kerbau, kambing, dan babi.

"SOP kita siapkan karena penularan virusnya itu airborne, jadi dibawa udara dan jauh lebih berbahaya. Sejauh ini belum ada masker untuk sapi jadi agak riskan memang penularannya," katanya.
 
Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral