Tiga pelaku sindikat copet asal Jawa Timur pada Gelaran KIE diamankan polisi.
Sumber :
  • Tim tvOne/Wawan Kurniawan

Waspada Copet Spesialis Konser Musik, Begini Modusnya

Rabu, 29 Juni 2022 - 16:16 WIB

Kebumen, Jawa Tengah - Pelaku sindikat copet asal Surabaya dan Sampang Mandura, berhasil dibekuk aparat kepolisian Polres Kebumen dari lokasi konser musik di pagelaran Kebumen International Expo (KIE) di Alun-alun Kebumen, pada Minggu (26/6/2022) malam. 

Polisi mengamankan 2 orang pelaku copet sindikat Surabaya berinisial AF dan SK, dan MAA copet asal Sampang, Madura. Ketiganya diamankan saat Band Kotak sedang menghibur ribuan penonton. 

"Awalnya dua orang asal Surabaya ini tertangkap nyopet. Ini yang bertugas mengamankan hasil nyopet. Setelah didalami keterangannya, ia tidak sendiri, lima orang yang masih berkeliaran, langsung dicari dan satu tertangkap di lokasi konser. Tapi beda kelompok, ini dari Madura," jelas Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin saat menggelar konferensi pers di Mapolres Kebumen, Rabu (29/6/2022).

Menurut Kapolres, ada dua kelompok sindikat copet yang beraksi di pagelaran KIE. Mereka terorganisir dengan cara kerja berkelompok. Ada yang tugas bikin keributan, ada yang bertugas mendorong calon korban, eksekutor, dan penerima barang hasil copetan.

"Modus para pencopet ini mencari calon korban yang tengah berada dalam kerumunan. Lalu pelaku lain membuat keributan, terus ada yang mendorong dan pelaku lainnya mengambil dompet atau HP milik korban," tutur Kapolres.

Berdasarkan keterangan para pelaku, mereka menyasar event keramaian seperti konser musik dan bazaar atau pasar malam. Biasanya para pelaku beraksi di tempat yang ramai dan minim penerangan. 

Pelaku sindikat copet Surabaya berjumlah tujuh orang, dengan mengendarai sebuah mobil. Sementara sindikat copet asal Sampang Madura berjumlah tiga orang datang ke Kebumen dengan menumpang kendaraan umum.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
06:06
01:05
01:46
02:38
03:57
Viral