Wisatawan asal Jakarta yang takjub lihat embun es di dataran tinggi Dieng..
Sumber :
  • Tim tvOne - Ronaldo Bramantyo

30 Tahun Menanti Embun Es Dieng, Wisatawan Ini Rela Pulang Pergi Jakarta-Dieng

Kamis, 30 Juni 2022 - 12:33 WIB

Banjarnegara, Jawa Tengah – Embun beku di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah selalu menjadi fenomena menarik  untuk para wisatawan. Suhu hingga minus 1 derajat celcius di Dieng membuat salah satu wisatawan rela pulang pergi dari Jakarta ke Dieng. Pasalnya ia telah menanti selama 30 tahun hanya untuk melihat fenomena embun beku di dataran tinggi Dieng.

“Sejak tahun 1992 saya bolak balik Jakarta-Dieng pakai sepeda motor, selama 30 tahun cuma ingin melihat embun es di Dieng ini. Waktunya tidak pas jadi tidak pernah dapat (embun beku), baru kali ini bisa lihat dan pegang embun beku,” ujar Wisatawan asal Jakarta, Busen (55), saat ditemui dipadang rumput komplek Candi Arjuna Dieng, Kamis (30/06/2022).

Ia juga menambahkan, embun beku ini hanya muncul di kawasan padang rumput dekat dengan Komplek Candi Arjuna. Sementara di lokasi lain tidak ditemukan embun beku tersebut.

“Saya sudah berkali-kali berkeliling di dataran tinggi Dieng ini, tapi embun beku adanya hanya disini, di lokasi lain dinginnya juga sama tapi tidak muncul embun beku,” terangnya

Bahkan ia juga mengatakan, wisatawan tak perlu pergi jauh-jauh ke luar negeri  jika hanya untuk menikmati suhu dingin yang ekstrem, wisatawan cukup pergi ke dataran tinggi dieng.

“Ini fenomena yang menakjubkan buat saya, di Indonesia yang seperti ini hanya ada di Dieng. Jadi orang-orang tidak perlu pergi ke Swiss jika mau menikmati dingin yang ekstrem cukup ke Dieng saja, ” terangnya.

Fenomena embun beku ini biasanya terjadi pada musim kemarau pada Bulan Juni hingga Agustus. Namun kemunculan embun beku ini tidak setiap saat, tergantung kondisi cuaca pada sore atau malam hari sebelumnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral