Wisatawan berburu embun es di seputaran komplek candi Arjuna, Dieng, Banjarnegara..
Sumber :
  • Tim tvOne - Ronaldo Bramantyo

Sebelum Lihat Fenomena Embun Es Dieng, Ini yang Harus Disiapkan Wisatawan

Kamis, 30 Juni 2022 - 21:23 WIB

Banjarnegara, Jawa TengahSuhu udara di komplek Candi Arjuna, dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, turun hingga minus 1 derajat celcius pada Kamis (30/06/2022). Turunnya suhu udara tersebut membuat embun di sekitar candi pun membeku.

Kemunculan  fenomena alam embun es Dieng ini selalu menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Biasanya embun es ini muncul saat musim kemarau antara bulan Juli hingga Agustus, bahkan September.

“Embun es ini menjadi salah satu tarik untuk wisatawan datang ke Dieng. Karena ini fenomena yang langka. Biasanya muncul es saat musim kemarau dan cuaca hari sebelumnya cerah,” kata Sri Utami, Kepala UPT Pengelolaan Wisata Dieng, Kamis (30/06/2022).

Sebelum berkunjung ke Dieng, Utami pun menghimbau ke wisatawan untuk lebih mempersiapkan diri sebelum berlibur ke dataran tinggi Dieng. Pasalnya, saat musim kemarau seperti saat ini suhu udara di dataran tinggi Dieng lebih dingin dibanding bulan-bulan sebelumnya.

“Saat memasuki musim kemarau antara bulan Juli, Agustus dan September,  suhu udara di Dieng lebih dingin dibanding bulan-bulan lain. Jadi wisatawan harus mempersiapkan beberapa perlengkapan seperti jaket tebal, sarung tangan, masker dan penutup kepala  agar tidak kedinginan nantinya kalau di Dieng,” tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, fenomena alam di dataran tinggi Dieng kembali terjadi pada Kamis pagi (30/06/2022). Embun yang menempel di rumput sekitar Candi Arjuna membeku.

“Embun di Dieng yang membeku bisa dilihat di Komplek Candi Arjuna, Dharmasala, dan di lapangan di sebelah candi,” pungkasnya Sri Utami. (Rbo/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral