Ilustrasi Sholat Ied.
Sumber :
  • Tim tvOne - Santosa Suparman

Indahnya Toleransi, GKJ Joyodiningrat, Solo Meniadakan Kebaktian Hari Ini Demi Kekhusyukan Sholat Idul Adha

Minggu, 10 Juli 2022 - 16:48 WIB

Solo, Jawa Tengah - Indahnya hidup toleransi umat beragama ditunjukan oleh Gereja Kristen Jawa (GKJ) Joyodiningratan dan Masjid Al Hikmah, Solo, Jawa Tengah. Hari ini, Minggu (10/7/2022) menjadi momen perayaan Hari Raya Idul Adha bagi umat muslim

GKJ Joyodiningratan dan Masjid Al Hikmah saling berdampingan. Kedua tempat ibadah tersebut terletak di Jalan Gatot Subroto, No. 222 Kratonan, Kecamatan Serangan, Solo.

Untuk menciptakan kekhusyukan beribadah Sholat Ied, Pihak Gereja memutuskan untuk meniadakan jadwal kebaktian pagi lantaran halaman depan gereja digunakan untuk jemaah Sholat Ied. 

Prasasti tugu lilin menjadi bukti saling janji untuk tetap menjaga kerukunan berdiri tegak di antara tembok pembatas antara gereja dengan masjid.

Pengurus GKJ Joyodiningratan memutuskan meniadakan jadwal kebaktian pagi karena jalan di depan gereja dan masjid tersebut menjadi tempat pelaksanaan sholat ied. Sementara, jadwal kebaktian berikutnya pukul 15.30 WIB dan 18.30 WIB tetap digelar.

Pendeta GKJ Joyodiningratan, Beritha Tri Setyo Nugroho mengatakan gereja memutuskan untuk meniadakan kebaktian pagi pada Minggu (10/7/2022) sebab bertepatan dengan perayaan Idul Adha area depan gereja akan digunakan untuk saudara umat muslim yang merayakan Idul Adha.

“Gereja meniadakan kebaktian jam 05.30 WIB dan 09.00 WIB karena sholat ied akan dilangsungkan pada pagi hari dan setelah itu dilangsungkan penyembelihan hewan kurban,” ujar pendeta gereja tersebut,

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral