Pelatihan pengembangan UMKM di Banjarnegara, Senin (18/07/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Ronaldo Bramantyo

Pelaku UMKM di Banjarnegara Didorong Melek Digital dan Memiliki NIB

Senin, 18 Juli 2022 - 09:31 WIB

Banjarnegara, Jawa Tengah – Sebanyak 350 nasabah Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar yang merupakan pelaku UMKM di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah mendapat pelatihan serta pendampingan pengembangan usaha.

Temu Usaha Nasabah Mekar (TUNM) bertujuan membangun hubungan emosional dan memberikan pendampingan usaha kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah sebagai bekal untuk mendapatkan pengetahuan baru yang dapat berdampak pada kemajuan usaha para pelaku UMKM.

Menurut Pemimpin Cabang PNM Banjarnegara, Yosua Mawantyo Nugroho, pelatihan ini bertujuan mendorong para nasabah PNM agar dapat meningkatkan pengetahuan dengan pentingnya memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

“Sehingga legalitas usahanya terjamin sehingga dapat meningkatkan fasilitas pembiayaan dari perbankan, peluang mendapatkan pelatihan, dan kesempatan mengikuti pengadaan barang atau jasa pemerintah yang bisa menambah kesejahteraan keluarga sehingga nasabah PNM naik kelas” ujarnya Senin (18/07/2022).

Selain itu, ia juga melatih serta mendorong pelaku UMKM untuk lebih melek digital yakni dengan memasarkan produknya melalui marketplace yang ada Facebook dan melalui beberapa akun media sosial lainnya.   

Para peserta juga diajarkan bagaimana cara menggunakan aplikasi untuk pengelolaan keuangan usaha yang bertujuan meningkatkan kinerja dan kreativitas usaha nasabah.

Dikatakan, pelatihan ini merupakan salah satu bentuk dari tiga modal PNM. Dalam mendukung pertumbuhan ultra mikro dan UMKM, PNM memberikan tiga modal yaitu finansial, intelektual dan sosial.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:54
01:37
03:14
01:14
02:07
02:34
Viral