Kondisi rumah warga di Pati yang rusak parah usai disapu banjir bandang..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Kerugian Akibat Banjir Bandang di Pati Diperkirakan Mencapai Puluhan Miliar Rupiah

Selasa, 19 Juli 2022 - 17:41 WIB

Pati, Jawa Tengah - Banjir bandang yang menerjang Kabupaten Pati, Jawa Tengah, pada Kamis (14/7/2022) dini hari, selain merusak puluhan rumah warga juga merusak infrastruktur fasilitas umum dan lahan usaha warga, seperti tambak ikan dan persawahan. 

Dari hasil pendataan di lokasi-lokasi terdampak banjir bandang di sejumlah desa yang tersebar di Kecamatan Margoyoso, Kecamatan Pati, Kecamatan Trangkil, dan Kecamatan Wedarijaksa, Pemerintah Kabupaten Pati memprediksi kerugian material akibat banjir bandang di sebagian wilayah Pati mencapai puluhan miliar rupiah. 

"Berdasarkan asesmen BPBD Kabupaten Pati, kerugian akibat bandang ada sekitar Rp 32 milyar. Karena yang kebanjiran itu tidak hanya di Desa Tunjungrejo dan Bulumanis Kidul saja, tapi ada empat kecamatan,” ungkap Bupati Pati Haryanto, selasa (19/7/2022). 

Kerugian ini, akibat banyaknya infrastruktur umum dan tempat tinggal warga yang rusak serta lahan usaha warga, seperti tambak ikan dan persawahan terendam banjir. 

"Kerugian tersebut secara keseluruhan, karena dampak banjir bandang tersebut, membuat lahan pertanian dan lahan pertambakan yang hendak dipanen hilang diterjang banjir bandang," imbuhnya. 

Haryanto mengatakan untuk meringankan beban warga korban banjir bandang, Pemerintah Kabupaten Pati akan berupaya memberikan bantuan bagi korban yang rumahnya rusak parah dan hanyut menggunakan biaya dari program CSR salah satu bank BUMD Jawa Tengah, Baznas dan pemkab.

“Kita akan bantu meringankan beban warga korban banjir bandang, ini harus disokong bersama-sama. Karena jumlah rumah warga yang rusak parah dan roboh di Desa Bulumanis Kidul ada 14 unit rumah, dan 18 unit rumah di Desa Tunjungrejo,” pungkasnya. (Arm/Buz) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
02:12
Viral