Eko sedang menyelesaikan pembuatan salah satu miniatur rumah adat joglo..
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Pria Kudus Sulap Limbah Kayu Menjadi Miniatur Rumah Adat Bernilai Fantastis

Sabtu, 23 Juli 2022 - 17:56 WIB

Kudus, Jawa Tengah – Seorang pria asal Desa Kaliwungu, Kudus, Jawa Tengah menyulap limbah kayu jati menjadi miniatur rumah adat joglo bernilai seni tinggi.

Pria itu  adalah Eko Nor Haris (32) warga Dukuh Winong, RT 06, RW 06, Desa Kaliwungu, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.Tangan terampilnya  mampu membuat berbagai miniatur dari limbah kayu jati, seperti miniatur rumah adat joglo, gazebo, dan pendapa Limbah kayu jati yang menjadi bahan utama kreativitasnya diperoleh dari beberapa tempat di Kudus.

Bermula dari pekerjaannya menggarap rumah adat sungguhan, tersetuslah ide untuk membuat rumah adat joglo dalam bentuk kecil pada tahun 2016 silam. Tujuannya adalah memberi contoh bagi konsumen ketika ada yang meminta dibuatkan rumah adat joglo olehnya.

"Kalau memberi contoh hanya lewat foto kan kurang detail. Jadi, miniatur ini bisa digunakan sebagai contoh ketika ada yang ingin dibuatkan rumah adat joglo sungguhan. Tetapi, kalau ada yang ingin dibuatkan dalam bentuk miniatur, saya juga bisa buatkan," katanya, Sabtu (23/7/2022). 

Soal harga, miniatur rumah adat joglo buatan Eko dibandrol dengan harga Rp10 juta sampai Rp20 juta. Nominal tersebut bergantung pada ukuran, seperti skala 1:20 dan 1:25. 

"Kalau miniatur pendapa, dimulai dari harga Rp2 juta. Kalau miniatur gazebo, dimulai dari harga Rp1,5 juta," sambungnya.

Satu miniatur rumah adat joglo tersebut mampu diselesaikan Eko dalam waktu 1 hingga 2 bulan. Uniknya, miniatur rumah adat joglo buatannya itu mampu dibongkar-pasang. (gml/ard)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral