Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tanam pohon bersama para siswa di lahan kritis Desa Majalengka, Banjarnegara, Senin (25/07/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Ronaldo Bramantyo

Penanaman 1.000 Pohon untuk Selamatkan Lahan Kritis di Banjarnegara

Senin, 25 Juli 2022 - 22:15 WIB

Banjarnegara, Jawa Tengah - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama masyarakat melakukan penanaman 1.000 pohon di lahan kritis Desa Majalengka, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Senin (25/07/2022) sore. 

"Kita galakkan karena ini kan kemarau basah, kita manfaatkan kebasahan selama musim kemarau itu untuk menanam. Sehingga kalau kita rutin, kelompok taninya juga aktif itu akan bermanfaat," kata Ganjar Pranowo usai penanaman pohon dan dialog dengan kelompok tani hutan di Banjarnegara.

Penanaman pohon itu diikuti sekitar 300an orang terdiri atas warga sekitar, pelajar, kelompok tani hutan, dan pegiat lingkungan. Lokasi penanaman merupakan lahan kritis yang berpotensi banjir di bagian bawah bukit. Pohon yang ditanam merupakan pohon buah dan pohon langka penyerap air seperti pohon gayam, kluwek, dan tunjung.

Ganjar menjelaskan penanaman pohon tersebut merupakan bagian dari program desa dampingan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Jawa Tengah. Selain penanaman pohon, program desa dampingan itu juga melakukan pemberdayaan masyarakat melalui kelompok-kelompok tani hutan. 

"Kalau inisiatif warga bisa seperti ini bagus, akan sangat bermanfaat. Program pemberdayaannya jalan, menanam pohonnya juga jalan untuk melakukan penghijauan di area-area yang memang kritis. Jadi kalau itu dilakukan, kelompok taninya oke, masyarakatnya mendukung, sudah bergeraklah semuanya bagus," jelas Ganjar.

Di antara kelompok tani hutan yang menjadi dampingan atau partner dari Dinas LHK Provinsi Jawa Tengah adalah Kelompok Tani Kiara. Kelompok tani yang beranggotakan 11 perempuan itu telah banyak menanam pohon-pohon yang dapat dipanen daunnya untuk ecoprint.

Pohon yang ditanam antara lain pohon Afrika atau dikenal juga dengan pohon Saman, kemudian pohon Kalpataru, Jarak Wulung dan Jarak Kepyar. Produk ecoprint yang sudah dihasilkan antara lain ada kain atau baju, tas dan sepatu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
20:11
13:31
06:01
02:57
02:49
01:28
Viral