TPI 1 Juwana, Pati sepi tidak ada bongkar dan lelang ikan..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Harga Solar Mahal, Ratusan Kapal Ikan di Pati Tidak Melaut, TPI Juwana Sepi

Selasa, 2 Agustus 2022 - 11:44 WIB

Pati, Jawa Tengah - Ratusan kapal ikan berbobot puluhan gross ton tidak melaut dan terparkir di dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, karena harga solar non subsidi mahal mencapai Rp 17 ribu per liter. 

Suasana di tempat pelelangan ikan terbesar di Pati tersebut dalam beberapa minggu terakhir ini sepi, tidak ada aktivitas bongkar ikan kapal nelayan di lokasi. Hanya nampak sejumlah pekerja membersihkan area tempat lelang ikan. Pendapatan TPI Juwana juga anjlok.

Sepinya aktifitas bongkar ikan dari kapal ikan nelayan dan lelang ikan di TPI Juwana ini imbas dari tidak melautnya ratusan kapal ikan jenis pursein, jaring tarik berkantong dan kapal cumi, karena harga solar non subsidi mahal mencapai Rp 17 ribu per liter.

Para pemilik kapal dan Anak Buah Kapal (ABK) memilih berhenti melaut karena biaya pembelian solar untuk melaut dirasa tidak sebanding dengan hasil ikan yang diperoleh.

Untuk sekali melaut ke perairan Kalimantan, Sulawesi dan Papua, kapal ikan berbobot puluhan gross ton ini membutuhkan puluhan ribu liter solar untuk bahan bakar. Sehingga biaya pembelian solar ini menjadi operasional tertinggi untuk melaut.

Kepala Urusan Teknik Lelang TPI 1 Juwana, Suratman, mengatakan tidak melautnya ratusan kapal ikan ini berdampak terhadap aktifitas bongkar ikan dan lelang ikan di TPI 1 juwana menjadi sepi dan berdampak terhadap pendapatan retribusi TPI 1 Juwana.

“Dengan banyaknya kapal yang tidak melaut karena aspek beberapa hal, salah satunya dampak naiknya harga solar non subsidi yang mencapai Rp 17 ribu/liter berimbas terhadap pendapatan retribusi di TPI 1 Juwana turun,” ujar Suratman, Selasa (2/8/2022).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral