Peserta Festival Mural Pijar Park sedang melukis Karya.
Sumber :
  • Tim tvOne/Galih Manunggal

Serunya Festival Mural Ajang Promosikan Wisata Lokal Kudus

Minggu, 7 Agustus 2022 - 10:04 WIB

Kudus, Jawa tengah - Berlokasi di tepi jalan raya Kudus-Colo, desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, puluhan seniman lukis dari berbagai daerah unjuk kebolehan membuat kreasi lukisan dinding atau mural dalam ajang Mural Festival Pijar Park, Sabtu (6/8/22).

Menurut penyelenggara, Muhammad Antono, tema yang diusung dalam ajang kali ini adalah mempromosikan wisata lokal kudus dan pelestarian alam. Selain dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-77, melukis di tembok tersebut sebagai ajang menyalurkan kreatifitas serta promosi wisata lokal yang sempat terpuruk akibat pandemi.

“Festival mural ini sebagai wadah kreativitas para seniman sekaligus mempromosikan wisata lokal kudus khususnya Pijar Park yang menjadi potensi di Kabupaten Kudus. Peserta sendiri tak hanya berasal dari lokal Kudus, melainkan dari berbagai daerah seperti Jepara, Demak, Pati, Yogyakarta, Batu Malang, hingga Banjarmasin,” ujarnya.

Ada beragam mural yang dibuat para peserta. Mayoritas bergambar tentang tema pemandangan alam, pariwisata lokal dan ajakan melestarikan alam sekitar. Namun ada juga yang membuat mural bergambar aktivitas wisatawan yang sedang healing dengan bertamasya di hutan pinus Desa Kajar.

Para peserta menyambut positif kegiatan tersebut, karena mampu memberikan  wadah untuk mengasah kreativitas, khususnya bagi para remaja agar tidak asal corat coret di sembarang tembok atau fasilitas umum.

“Positif sekali ya, bisa menggali potensi seniman-seniman muda di kota kretek. Bisa menyalurkan ekspresi maupun emosi melalui karya sehingga bisa mengalihkan kemungkinan terjerumus dalam hal negatif, ujar Bambang, Peserta asal Tumpangkrasak Kudus.

Para peserta ajang mural festival yang menjadi juara akan mendapatkan hadiah uang pembinaan, piala, sertifikat, serta voucher wisata dari penyelenggara.

Adanya mural di tembok di tepi jalan raya Kudus-Colo ini diharapkan bisa menjadi ajang promosi wisata lokal karena jalur tersebut setiap hari dilalui oleh ribuan peziarah dari berbagai daerah yang hendak berkunjung ke makam Sunan Muria. Selain itu, mural di tembok yang berada satu kompleks dengan kios pedagang bisa menghidupkan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang menempati teras Pijar Park sebagai upaya mendukung pelaku UMKM setempat. (gml/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral