Tradisi sedekah laut dan bumi warga Desa Tanggulangin, Kebumen, Minggu (7/8/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Wahyu Kurniawan

Syukur atas Tangkapan Ikan yang Melimpah, Nelayan Kebumen Gelar Tradisi Sedekah Laut dan Bumi

Senin, 8 Agustus 2022 - 09:08 WIB

Kebumen, Jawa Tengah - Masyarakat Desa Tanggulangin, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, tumpah ruah memadati Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanggulaangin untuk mengikuti tradisi grebeg suran dan sedekah laut, Minggu (7/8/2022). 

Tradisi grebeg suran yang sudah turun temurun diwariskan oleh leluhur ini berupa sedekah laut dan sedekah bumi. Tradisi masyarakat pesisir laut di Kecamatan Klirong ini kembali diadakan setelah dua tahun lamanya sempat terhenti karena pandemi Covid-19.

Acara dimulai dengan kirab sesaji yang dimulai dari Kantor Balai Desa menuju TPI Tanggulangin. Sesaji gunungan berupa hasil bumi seperti sayur-sayuran, nasi kuning, ayam ingkung serta kepala kerbau terlebih dahulu diarak keliling desa sebelum dilarung ke laut. 

"Alhamdulilah tradisi suran yang sudah turun temurun kembali bisa digelar kemarin dan diikuti tiga desa yakni Desa Tanggulangin, Pandanlor, Jagasima dan Tambakprogaten," ujar Kasimin Kepala Desa Tanggulangin, disela acara, Minggu (7/8/2022).

Yang menarik kirab diiringi kuda joget dengan penunggang Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama jajaran Forkompimda dan Kepala Desa Tanggulangin Kasimin. 

Foto: Tradisi sedekah laut dan bumi warga Desa Tanggulangin, Kebumen, gunungan hasil bumi diperebutkan warga (Wahyu Kurniawan)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
01:41
Viral