Pengibaran bendera dalam air.
Sumber :
  • Istimewa

Peringati Hari Kemerdekaan ke 77, Umbul Ponggok Adakan Upacara Bendera Merah Putih Didalam air

Minggu, 14 Agustus 2022 - 06:21 WIB

Klaten, Jawa Tengah  - Berbagai cara dilakukan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia, salah satunya dengan upacara pengibaran bendera merah putih didalam umbul  Objek Wisata Umbul Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (13/8/2022). Kegiatan yang digelar pengelola ini diikuti para wisatawan.

Salah satu pengurus Objek Wisata Umbul Ponggok, Agus Santosa, mengatakan, upacara ini merupakan rangkaian peringatan HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Tujuannya untuk menumbuhkan rasa semangat nasionalisme.

"Upacara ini sedikit berbeda, kalau biasanya di daratan, kali ini pengibaran bendera dilakukan dari bawah air. Intinya ini wujud kecintaan kita terhadap Tanah Air dan bangsa ini," ujarnya.

Dijelaskan, pengibaran bendera merah putih dari dasar air sekaligus ingin mengenalkan sumber daya alam yang ada di desa. Seperti diketahui bahwa Umbul Ponggok memiliki potensi berupa air yang jernih dan sejuk.

"Kita ingin memberi virus bahwa sebuah desa itu bisa bergeliat, memanfaatkan sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang ada untuk lebih maju dan ikut mewarnai bangsa ini," ujarnya.

Agus mengatakan, upacara pengibaran bendera merah putih berlangsung selama 20 menit dan diikuti seluruh karyawan, pengelola objek wisata, dan wisatawan yang sedang berkunjung.

"Alhamdulillah pelaksanaan upacara berjalan dengan lancar dan khidmat. Semua terharu karena sudah lama tidak diselenggarakan kegiatan ini akibat pandemi," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
Viral