Serabi dan Jus Merah Putih.
Sumber :
  • Ronaldo Bramantyo

Sambut Kemerdekaan, Pedagang Di Banjarnegara Membuat Kreasi Kuliner Unik Serabi Merah Putih Dan Jus Bendera

Selasa, 16 Agustus 2022 - 06:21 WIB

Banjarnegara, Jawa Tengah – Ada saja cara warga dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaaan Republik Indonesia yang  ke 77 tahun. Salah satunya yakni memasang bendera atau umbul-umbul bercorak warna merah putih hingga memeriahkannya dengan perlombaan-perlombaan.

Namun di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah ada yang berbeda, seorang pedagang serabi yang tak mau ketinggalan ikut memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia yakni dengan membuat kreasi kuliner unik dan lezat, namanya serabi merah putih dan jus bendera.

Serabi merah putih dan jus bendera memang sengaja saya  kreasikan sebagai bentuk kebanggaan saya terhadap bangsa Indonesia, sekaligus juga ikut memeriahkan  HUT kemerdekaan Indonesia kali ini,” ujar penjual serabi, Suci, Senin (15/08/2022).

Serabi merah putih ini dibuat dengan bahan pewarna alami dari buah –buahan. Untuk warna merahnya penjual pun membuatnya dari buah stroberry dan untuk warna serabi putihnya  dibuat dari kombinasi tepung beras dan susu.

“Untuk warnanya merahnya serabi dan jus saya ambil dari buah stroberry dan semangka,” katanya.

Sedangkan  cara  memasak serabi ini pun masih dilakukan secara tradisional yakni  menggunakan wajan atau penggorengan yang terbuat dari tanah liat. Untuk menambah kelezatan dan rasa manis, diatas sajian kue serabi merah putih ini ditambahkan dengan susu kental manis. Serabi merah putih ini pun dijual dengan harga Rp 1.000 rupiah  per biji nya.

Sebagai pelengkap,  penjual juga mengkreasikan minuman jus bendera yang terbuat kombinasi buah semangka dan susu sehingga menambah sensasi kesegaran tersendiri saat menikmati kue serabi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral