Meriahnya Kenduri Suran Warga Dukuh Srepeng, Desa Candiwulan, Kamis (18/8/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Wahyu Kurniawan

Kenduri Suran dan HUT Kemerdekaan Digelar di Jalan Kampung di Kebumen, Begini Kemeriahannya

Kamis, 18 Agustus 2022 - 13:20 WIB

Kebumen, Jawa Tengah - Warga Dukuh Srepeng Desa Candiwulan, Kecamatan Adimulyo terlihat ceria dan bersemangat merayakan malam 1 Muharam atau bulan sura dengan menggelar kenduri.

Uniknya mereka menggelar kenduri di jalan masuk kampung, Kamis (18/8/2022).

Bulan Muharam oleh warga desa lebih dikenal dengan Sura dan tradisi malam 1 Muharam atau warga biasa menyebut suran, bukan saja sebagai peringatan awal tahun dalam sistem penanggalan Jawa. Bulan ini juga dianggap sebagai bulan sakral. Berbagai upacara dan beragam tradisi kerap dilakukan.

"Ini udah tradisi turun-temurun yang digelar bersama warga. Selalu meriah, apa lagi tahun ini berbarengan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia sehingga makin meriah," ujar Waris Haryanto, Ketua RW 02 Dukuh Srepeng, Kamis (18/8/2022). 

Warga yang hadir mulai dari anak-anak, remaja dan orang tua terlihat tampak begitu bersemangat menggelar kenduri di jalan masuk kampung. 

Meski hanya beralaskan daun pisang hidangan kenduri seperti ayam, urap sayur, tempe goreng, oseng, lalapan dan aneka jajanan pasar digelar dan dimakan bersama warga lainnya usai berdoa bersama. 

"Kenduri ini meski di jalan tapi tidak menghilangkan khidmat dan hajatnya, usai berdoa bersama yang dipimpin sesepuh desa dilanjutkan dengan makan bersama warga," lanjut Waris. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral